Sabtu, Maret 6, 2021
Beranda Utama Kadin Depok Soroti Vaksin Mandiri

Kadin Depok Soroti Vaksin Mandiri

0
Kadin Depok Soroti Vaksin Mandiri
Wakil Ketua Kadin Kota Depok, Despandri. FOTO: IST
Wakil Ketua Kadin Depok, Despandri
Wakil Ketua Kadin Kota Depok, Despandri. FOTO: IST

 

RADAR DEPOK.COM, DEPOK – Pada prinsipnya Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Depok mendukung program pemerintah untuk memberikan vaksin kepada masyarakat, termasuk kepada karyawan perusahaan milik pengurus Kadin Kota Depok. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Kadin Depok, H. Despandri.

Ia menilai, masyarakat ingin bukti konkret benar tidaknya vaksin itu baik atau tidak berdampak negatif kepada tubuh manusia. Sebab ini menjadi hal baru bagi masyarakat.

“Sekarang sebagian masyarakat sedang wait and see menunggu perkembangan dampak dari vaksin kepada relawan yang sudah disuntik termasuk kepada tenaga medis,” ungkap Despandri kepada Radar Depok, Jumat (22/01).

Terkait, bagamaina jika beban vaksin (pemberian vaksin secara mandiri) ditanggung kepada para pengusaha atau perusahan yang ada di Kota Depok. Despandri menegaskan, bahwa ini yang akan jadi perdebatan. Namun harus dilihat dulu seberapa besar biayanya. Dalam kondisi seperti sekarang dunia usaha banyak dalam kesulitan.

“Mestinya pemberian vaksin itu merupakan bentuk bantuan pemerintah kepada masyarakat termasuk dunia usaha agar perekonomian bergerak kembali,” tutur Despandri.

Sebab, menurutnya, jika beban vaksin dibebankan, dirasa tidak tepat. Karena tidak semua yang mau, dan tidak mampu akibat dampak pandemi.

Terpisah, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto mengaku, saat ini pemerintah sedang menyusun regulasi terkait pemberian vaksin virus Korona secara mandiri yang diberikan perusahaan ke karyawannya. Hal ini dikatakan Airlangga menyusul Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mewacanakan adanya vaksin Covid-19 secara mandiri bagi perusahaan.

“Terkait dengan persiapan untuk akselerasi vaksin di mana akselerasi melalui program mandiri sedang dipersiapkan regulasinya. Karena itu akan mengatur pembelian oleh sektor-sektor industri tertentu, dan itu akan diberikan kepada karyawan secara gratis juga,” ujar Airlangga dalam YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (22/1).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menambahkan, nantinya vaksin Covid-19 tersebut diberikan gratis kepada perusahaan yang ingin melakukan vaksinasi ke karyawannya. “Jadi beberapa hal yang terkait teknis akan dipersiapkan dan itu juga dimintakan agar sumber daripada vaksinnya berbeda dari vaksin yang gratis,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka peluang untuk dilakukannya vaksin secara mandiri. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 di dalam negeri. Karena menurut Jokowi, ada perusahaan yang bertanya kepadanya bagaimana caranya untuk mempercepat vaksinasi tersebut.

“Ada yang bertanya bagaimana mempercepat lagi, tanya perusahaan menyampaikan ‘pak bisa enggak vaksin mandiri’. Ini yang baru kita akan putuskan,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, vaksinasi Covid-19 secara mandiri memang usulan yang bagus. Karena hal tersebut juga bagian dari upaya mempercepat dalam mengatasi pandemi virus Korona yang sedang terjadi di tanah air. “Karena apa kita perlu mempercepat perlu sebanyak-banyaknya. Apalagi biayanya ditanggung perusahaan sendiri, kenapa tidak,” katanya. (arn/jpc)