Kasus Stunting Cimanggis Paling Rendah

In Satelit Depok
stunting cimanggis terendah
SEHAT : Pemberian Vitamin di salah satu Posyandu di Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis beberapa waktu lalu. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Berdasarkan Data Bulan Penimbangan Balita (BPB) yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok pada 2020, Kecamatan Cimanggis meraih urutan terendah dalam kasus stunting.

Dalam data tersebut tercatat, untuk kasus stunting di Kecamatan Cimanggis yaitu 2,34 persen atau 316 balita. Sedangkan, kasus tertinggi yaitu Kecamatan Sawangan dengan 1.107 balita.

“Tentu untuk permasalahan stunting itu tidak mudah. Kami melakukan berbagai upaya, mulai dari pemberian vaksin kepada perempuan yang akan menikah,” ucap Kepala UPTD Puskesmas Cimanggis, Lina Herliana kepada Radar Depok.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, selain itu pendampingan gizi dan nutrisi pada ibu hamil juga dapat menekan angka stunting khususnya di Kecamatan Cimanggis.

“Jadi memang upaya yang dilakukan mulai dari sebelum menikah, saat hamil, hingga ketika sudah lahir sampai usia balita,” terangnya.

Mencegah stunting pada anak juga bisa dilakukan dengan sanitasi yang baik, pemberian makanan yang bergizi serta rutin diberikan vaksin sesuai dengan anjuran yang ada.

Di tempat yang sama, Camat Cimanggis Abdul Rahman menerangkan, baginya upaya-upaya yang dilakukan ini tidaklah instan, semuanya butuh kerjasama yang baik dengan stakeholder yang ada.

“Kecamatan Cimanggis memiliki kasus terendah dari 11 Kecamatan yang ada. Tetapi jangan dulu berbangga walaupun terendah tetapi kami masih memiliki 316 balita stunting. Sehingga berbagai upaya harus terus ditingkatkan,” tegasnya.

Dirinya berharap, melalui koordinasi yqng baik antara aparatur setempat, pihak Puskesmas dan orang tua sehingga Kecamatan Cimanggis dapat menorehkan nol kasus stunting.

“Tentu harapan kami agar tidak ada lagi kasus stunting di Kecamatan Cimanggis. Untuk itu, berbagai upaya yang sudah baik dilakukan saat ini, perlu ditingkatkan bersama,”  tutup Abdul. (rd/tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Pebri Mulya

 

 

You may also read!

ruang vaksin di rumah sakit depok

Gubernur-Walikota Depok : Vaksin Adalah Harapan Penanganan Korona

INSPEKSI : Walikota Depok, Mohammad Idris mengecek kesiapan dan simulasi vaksin Covid-19 di Rumah Sakit

Read More...
idris dan imam menuju pelantikan

Undangan Penetapan Wali dan Wawali Terpilih Dibatasi

KOMPAK : Paslon Walikota dan Wakil Walikota Nomor Urut 2, Mohammad Idris-Imam Budi Hartono saat

Read More...
imam budi logo PKS

Imam Budi Hartono Doakan Indonesia Bebas Covid-19

Wakil Walikota Terpilih pada Pilkada Depok 2020, Imam Budi Hartono   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Program vaksinasi dilakukan

Read More...

Mobile Sliding Menu