kelapa muda
ILUSTRASI
kelapa muda
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM – Manfaat air kelapa muda sangat baik untuk kesehatan. Tidak heran banyak orang yang menggemarinya, karena selain memiliki manfaat kesehatan, air kelapa muda juga enak dan tentunya sangat menyegarkan untuk tubuh.

Manfaat air kelapa muda didapatkan dari kandungan nutrisinya yang melimpah. Kandungan gizi ini mulai dari Vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, asam folat, dan lain-lain. Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsinya secara teratur, asal jangan berlebihan.

Berikut tentang manfaat air kelapa muda.

Mencegah Dehidrasi

Air kelapa muda memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh kamu. Kandungan elektrolit dalam air kelapa muda sangatlah tinggi. Dengan elektrolit yang tinggi tersebut, manfaat air kelapa muda dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh ketika sedang beraktivitas.

Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa muda adalah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Selain itu, air kelapa muda juga sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alasan manfaat air kelapa muda dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

Mengatasi Keluhan Pencernaan

Manfaat air kelapa muda juga dapat mengatasi berbagai keluhan pencernaan. Air kelapa diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, hingga gangguan ginjal.

Manfaat air kelapa muda berguna saat kamu terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Hal ini karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikan air kelapa mempunyai osmolaritas tinggi.

Selain itu, air kelapa juga mengandung natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino. Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi.

Air kelapa mengandung enzim bioaktif alami, seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan berbagai enzim lainnya. Kandungan enzim yang ada dalam air kelapa ini dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.