Jumat, Maret 5, 2021
Beranda Metropolis Kota Depok Prioritaskan Infrastruktur Konektivitas Wilayah di 2022

Kota Depok Prioritaskan Infrastruktur Konektivitas Wilayah di 2022

0
Kota Depok Prioritaskan Infrastruktur Konektivitas Wilayah di 2022
Kepala Bappeda Kota Depok, Widyati Riyandani
Kepala BAppeda Depok
Kepala Bappeda Kota Depok, Widyati Riyandani

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok, mulai menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022. Dalam rancangan tersebut diketahui prioritas pembangunan dengan pengembangan infrastruktur konektivitas wilayah, dan optimalisasi transportasi publik.

Kepala Bappeda Kota Depok, Widyati Riyandani mengatakan, penyusunan ini sebelumnya sudah diawali dengan rapat Konsultasi Publik Rancangan Awal RKP. SEnin (20/1), pihaknya sudah lakukan rapat konsultasi, guna memperoleh saran dan masukan dari Perangkat Daerah (PD). “Ini agar menyempurnakan penyusunan RKPD,” tuturnya kepada Harian Radar Depok, saat ditemui di ruangannya, Kamis (21/1).

Dia menjelaskan, RKPD merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yang memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja, dan pendanaan untuk jangka waktu satu tahun. Yang disusun dengan berpedoman pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP), dan program strategis nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

Lebih lanjut, alur dalam tahapan RKPD yang pertama persiapan penyusunan RKPD. Kedua, rancangan awal RKPD. Ketiga, Musrenbang RKPD kabupatenn atau Kota. Keempat, fasilitasi menteri atau gubernur. “Dan yang terakhir adalah penetapan Perwal tentang RKPD,” jelasnya.

Widiyati juga mengungkapkan, prioritas pembangunan di 2022 adalah pengembangan infrastruktur konektivitas wilayah dan optimalisasi transportasi publik, pemenuhan derajat kesehatan masyarakat, peningkatan kualitas permukiman, peningkatan infrastruktur digital untuk perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Kemudian pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan, penanganan dan pengelolaan sampah berbasis kemasyarakatan, daya saing dan ketimpangan ekonomi, peningkatan nilai keluarga, dan peningkatan tata kelola pemerintahan,” lanjutnya.

Sementara prioritas keuangan tahun 2022 ada empat. Yaitu, pemulihan ekonomi dan kesehatan dampak covid-19 dengan pola pembelajaran proposional dan efektif, pemenuhan urusan mandatory atau wajib seperti pendidikan dan lainnya. “Pencapaian visi, misi, dan janji kepala. Serta urusan pemerintahan lainnya,” tutupnya.(rd/dis)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Fahmi Akbar