Beranda Metropolis Lebih Dekat dengan Duta Genre Kota Depok 2019, Rigalli Igal : Bantu Melatih SSB, Miliki Belasan Anak Didik (2)

Lebih Dekat dengan Duta Genre Kota Depok 2019, Rigalli Igal : Bantu Melatih SSB, Miliki Belasan Anak Didik (2)

0
Lebih Dekat dengan Duta Genre Kota Depok 2019, Rigalli Igal : Bantu Melatih SSB, Miliki Belasan Anak Didik (2)
GIAT BERLATIH: Rigalli Igal saat melatih pemain sepak bola pada usia 8-12 tahun di SSB Bima Putra, tahun 2019. FOTO : IST FOR RADAR DEPOK
duta gendre depok 2
GIAT BERLATIH : Rigalli Igal saat melatih pemain sepak bola pada usia 8-12 tahun di SSB Bima Putra, tahun 2019. FOTO : IST FOR RADAR DEPOK

 

Menginjak pendidikan putih abu-abu di Sekolah Menegah Kejuruan (SMK), tidak mengendurkan semangatnya dalam menekuni olahraga sepak bola. Latihan rutin terus ia garap dua kali dalam sepekan demi mengasah kemampuannya mengolah si kulit bundar.

Laporan: Daffa Andarifka Syaifullah

RADARDEPOK.COM – Masa remaja Rigalli Igal terbilang penuh dengan kompetisi. Dari kejuaraan sepak bola U-12 yang ia ikuti, membuat adrenalinnya tertantang mencoba event lainnya.

Misalnya pada 2015, kala itu usianya sudah 16 tahun. Igal berencana bergabung dengan Tim SSB Sukmajaya untuk Liga Pertamina mewakili Kota Depok. Sebelum bisa bergabung, rupanya ia harus mengikuti tahapan seleksi, baik fisik seperti sprint, dribble, dan lainnya, hingga test non fisik.

Semuanya ia jalani dengan tekun dan penuh semangat. Igal pun akhirnya lolos seleksi dan mendapatkan posisi bek kiri. Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Bea Cukai Rawamangun, dan di Lapangan Sepakbola Simprug, Alhasil masuk 10 besar.

Adapula ajang sepak bola yang Igal ikuti, di antaranya Tim Suratin U-17. Beberapa seleksi ia lalui hingga lolos dan mewakili Kota Depok (Depok United). Di sini, Igal bersama rekan satu timnya berhasil pada kualifikasi pertama yang bermain di Karawang. Kemudian melanjutkan babak kualifikasi di Jawa Barat. Sayang, belum mendapatkan hasil maksimal.

“Tetapi itu tidak menyulutkan semangat untuk terus berkontribusi di bidang sepakbola,” ucap Igal kepada Radar Depok.

Kecintaannya sejak kecil terhadap olahraga secara umum, dan sepak bola secara khusus, membawanya masuk ke Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk menempuh pendidikan S1 di Fakultas Ilmu Olahraga.

Di usianya yang sudah 18 tahun dan menjadi seorang mahasiswa jurusan olahraga, ia dipanggil oleh SSB Bima Putra untuk menjadi pelatih. Igal mendidik anak-anak usia 6-8 tahun, dan 8-12 tahun. Memang, diakuinya, range usia tersebut sudah masuk grassroat (program anak berusia 6-12 tahun melalui inisiatif sekolah, komunitas, dan klub).