Lima Sektor Depok Dibatasi

In Utama
sektor korona depok
PPKM : Pengunjung menaiki eskalator di salah satu pusat perbelajaan di Kota Bandung, Jumat (8/1). Pusat perbelanjaan termasuk salah satu fokus PPKM di Pulau Jawa – Bali oleh pemerintah dengan mengurangi jam operasional sampai pukul 19:00 WIB. FOTO : TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

 

RADARDEPOK.COM, BANDUNG – Pemerintah pusat melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, kini menggunakan istilah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Jadi wilayah yang masuk PPKM di Pulau Jawa dan Bali wajib menrapkannya selama dua pekan ke depan, sedari 11 hingga 25 Januari.

Dalam amatan pemerintah pusat, kewajiban Jawa dan Bali untuk melakukan PPKM didasarkan pada penilaian bahwa dua wilayah tersebut menjadi berkontribusi tinggi dalam peningkatan kasus Covid-19 secara nasional.

Adapun, PPKM akan lebih berfokus pada pembatasan lima sektor yakni tempat kerja atau perkantoran, kegiatan belajar mengajar, restoran atau tempat makan, mal atau pusat perbelanjaan, serta tempat ibadah. Sementara, kegiatan pada sektor esensial dan kegiatan konstruksi, diizinkan untuk tetap dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang juga Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar, mendukung instruksi tersebut. Pihaknya tengah mengkaji sejumlah indikator terkait penerapan wilayah PPKM di Jabar.

Indikator itu dilihat dari tingkat kematian di atas rata-rata tingkat kematian nasional, tingkat kesembuhan di bawah rata-rata tingkat kesembuhan nasional, tingkat kasus aktif di atas rata-rata tingkat kasus aktif nasional, dan tngkat keterisian rumah sakit (BOR) untuk ICU dan ruang isolasi di atas 70 persen.

“Jadi hari-hari ini (jelang 11 Januari) Pak Sekda sudah saya perintahkan untuk berkoordinasi ke kepala daerah. Karena (kebijakan) macam-macam, ada WFH 75 persen, 50 persen, 30 persen, tergantung zona. Jadi kami akan proporsional,” ungkap Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Sejauh ini, Pemprov Jabar akan mewajibkan PPKM di Bodebek (Kabupaten Bogor dan Bekasi, serta Kota Bogor, Depok, Bekasi) dan Bandung Raya (Kota Bandung dan Cimahi, serta Kabupaten Bandung, Bandung Barat, dan Sumedang).

Meski instruksi ini ditujukan kepada beberapa kabupaten/kota tertentu di Pulau Jawa dan Bali, namun PPKM tidak terbatas hanya untuk daerah tersebut. Apabila penanganan Covid-19 semakin buruk, PPKM dapat diterapkan sesuai kebutuhan di berbagai daerah di Jawa dan Bali.

1 of 2

You may also read!

titik disinfektan PMI

PMI Semprot Disinfektan untuk 890 Titik

SEMPROT : PMI Kota Depok saat melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah Kota Depok. FOTO :

Read More...
vaksin hewan depok

DKP3 Kota Depok Vaksin 1.660 Hewan

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Guna melindungi masyarakat terhadap penularan penyakit rabies dan antraks. Dinas Ketahanan Pangan,

Read More...
hut jak depok berisix

Perayaan HUT The Jak Depok Brisix ke-14 : Santuni 14 Anak Yatim

SANTUNAN : Pengurus The Jak Depok Berisix sedang memberikan santunan kepada anak yatim. FOTO :

Read More...

Mobile Sliding Menu