Jumat, Maret 5, 2021
Beranda Utama Lirik Pameran Artefak Asli Rasulullah : Sorban Rasulullah Panjangnya Sampai 5 Meter (4)

Lirik Pameran Artefak Asli Rasulullah : Sorban Rasulullah Panjangnya Sampai 5 Meter (4)

0
Lirik Pameran Artefak Asli Rasulullah : Sorban Rasulullah Panjangnya Sampai 5 Meter (4)
INTIP: Sorban Rasulullah Pada Pameran Mini di Masjid At-Taqwa, Kelurahan Sukamaju Baru, Kecamatan Tapos, Jumat (1/1). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK
artefak rasul 4
INTIP : Sorban Rasulullah Pada Pameran Mini di Masjid At-Taqwa, Kelurahan Sukamaju Baru, Kecamatan Tapos, Jumat (1/1). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

 

Empat kotak akrilik berjejer di dalam suatu ruangan berukuran 4×9 meter. Ada satu kotak lagi menghadap pintu masuk, yang menyita perhatian adalah Sorban berwarna hijau.

Laporan: Daffa Andarifka Syaifullah

RADARDEPOK.COM – Dua lapis kotak membatasi para pengunjung dengan salah satu atribut di kepala kegemaran Nabi Muhammad SAW. Bagi pengunjung yang ingin berswafoto, dipersilakan. Namun, jika mau menunggu sedikit lama, pihak penyelenggara akan mengangkat satu lapis kotak akrilik tersebut.

Tampak sebuah lubang pada kotak satunya. Ini dimanfaatkan untuk siapa saja yang ingin menghirup aroma dari sorban tersebut, seraya membayangkan harumnya Rasulullah.

“Masyaallah, wangi banget, harum,” ujar salah satu pengunjung, Deanza.

Menurut Panitia, Dado Wahyudin, tidak ada sama sekali pihaknya menambahkan wewangian kepada sorban tersebut.

“Gak di kasih apa-apa, memang dari sananya begitu,” beber Dado.

Benda bersejarah ini adalah sorban yang paling sering dipakai Rasulullah. Sorban tersebut diberikan kepada sahabatnya yang paling disayangi, yaitu Muadz bin Jabal. Semasa Muadz bin Jabal diperintahkan berdakwah di Palestina.

“Jika dibentangkan, sorban ini panjangnya mencapai 5 meter,” terangnya.

Usut punya usut, warna hijau merupakan warna favorit Rasulullah selain warna putih. Ibnu Hajar dalam Tanbih Al-Akhbar menyebutkan : Pada hari raya kami disuruh memakai pakaian berwarna hijau karena warna hijau lebih utama. Adapun warna hijau adalah afdhal dari pada warna lainnya sesudah putih.

Selain itu, ada juga hadis riwayat An-Nasai : Rasulullah pernah menemui kami dalam keadaan memakai dua pakaian (atas dan bawah) yang berwarna hijau.