artefak rasul 5
PAMERAN : Salah Seorang Pengunjung Tengah Melihat Tongkat Rasulullah SAW, bernama Al-Saaja pada Pameran Artefak Asli Rasulullah di Masjid At-Taqwa, Kelurahan Sukamaju Baru, Kecamatan Tapos, Jumat (1/1). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK
artefak rasul 5
PAMERAN : Salah Seorang Pengunjung Tengah Melihat Tongkat Rasulullah SAW, bernama Al-Saaja pada Pameran Artefak Asli Rasulullah di Masjid At-Taqwa, Kelurahan Sukamaju Baru, Kecamatan Tapos, Jumat (1/1). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

 

Dengan merogoh kocek 30 ribu rupiah saja sebagai infaq pemeliharaan. Masyarakat bisa menikmati lima artefak asli Rasulullah dalam pameran mini yang diselenggarakan  Muzakki Masjid At-Taqwa dengan PT I-5. Menarikbya, sebelum naik ke ruangan, diwajibkan berwudhu agar diri tetap suci.

Laporan: Daffa Andarifka Syaifullah, Depok

RADARDEPOK.COM – Begitu naik tangga dan memasuki ruangan, ada sebuah meja di sebelah kiri. Diatasnya ada souvenir cantik dan menarik. Ada pula tongkat replika yang terbuat dari bahan yang sama untuk dibawa pulang pengunjung.

Tapi, bukan itu yang ingin dibahas. Ada sebuah kotak akrilik yang panjang, letaknya tepat disebelah meja souvenir tersebut. Dibawah kotak tertempel keterangan dari salah satu benda bersejarah peninggalan Nabi Muhammad SAW.

Didalamnya ada sebuah tongkat yang terbuat dari kayu Alayusiah dan kayu Luz putih, diletakkan miring seperti mengambang.

Tongkat tersebut berwarna cokelat dan pada sisi kirinya nampak warna hitam, seperti menandakan letak genggaman tangan berada disitu.

Menurut Koordinator Lapangan Wilayah Depok, Dado Wahyudin. Dari keterangan I-5, tongkat tersebut merupakan peninggalan dari Nabi terdahulu.

“Tongkat peninggalan dari Nabi Ibrahim AS. Dan dipakai oleh Nabi Muhammad SAW panjangnya 1,5 meter,” jelasnya.

Rupanya, tongkat ini memiliki nama yang mirip dengan nama tongkat milik Nabi Musa AS, Yakni Al-Saaja. Jika dilihat secara menyeluruh, bentuknya tidak begitu lurus, dan agai bengkok.

Setelah mendengar penjelasan dari guide, pengunjung diperbolehkan untuk melakukan swafoto dengan artefak, yang ada diruangan 6×4 meter ini.

Dalam sebuah riwayat, Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda untuk umatnya yang memasuki usia 40 tahun. Agar mereka disunahkan untuk memakai tongkat.

Ada sebuah kisah menarik mengenai tongkat pada zaman Rasulullah. Suatu ketika Rasulullah SAW memanggil Abdullah bin Unais dan berkata, “Aku mendapat kabar bahwa Khalid bin Sufyan bin Nubayh al Hudzali telah mengumpulkan banyak orang untuk menyerangku. Sekarang ini ia ada di Uranah (suatu tempat dekat Arafah), pergilah engkau ke sana untuk membunuhnya.”