ILUSTRASI
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM – Pembangunan infrastruktur masih jadi fokus Pemerintah di tahun 2021, dimana salah satunya adalah pembangunan jalan bebas hambatan alias tol.

Direktur Jenderal Bina Marga, Hedy Rahadian mengatakan, sebagian besar rencana pembangunan tol ditargetkan akan menggunakan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

“Sudah kami susun rencananya dan backbone jalan bebas hambatan ini yang sebagian besar akan dilakukan menggunakan KPBU jadi akan menjadi jalan tol. Jadi, kami sampaikan rencana program jalan tol kita dalam rencana kami adalah 18,8 ribu kilometer,” ungkap Hedy.

Alasan pemerintah membangun jalan tol untuk mengejar target konektivitas. Dengan ada jalan tol diharapkan kecepatan perjalanan bisa mencapai 100 kilometer (km) per 1,5 jam.

“Kami sudah membuat rencana umum jalan bebas hambatan dalam horizon yang bisa kami prediksikan. Kenapa kita perlu merancang jalan bebas hambatan ini, karena untuk mencapai target konektivitas 1,5 jam per 100 km,” ujar Hedy.

Berdasarkan data dari Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur PU dan Perumahan Kementerian PUPR, Eko D Heripoerwanto, ada 12 tol yang dibangun pada 2021. Berikut daftarnya:

 

Kuartal I-2021:

– Tol Yogyakarta-Bawen

– Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap

 

Kuartal III-2021:

– Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg

– Tol Bogor-Serpong via Parung

– Tol Semanan-Balaraja

– Tol Akses Patimban

– Tol Sentul Selatan-Karawang Barat

– Tol Semarang Harbour

– Tol Gilimanuk-Mengwi

 

Kuartal IV-2021:

– Tol Mamminasata

– Tol Cikunir-Karawaci

– Tol Cikunir-Ulujami.

 

Editor : Pebri Mulya