Beranda Satelit Depok Melihat Wajah Baru Puskesmas Kalimulya : Pesan Edukasi Covid-19 Melalui Mural dan Barang Bekas

Melihat Wajah Baru Puskesmas Kalimulya : Pesan Edukasi Covid-19 Melalui Mural dan Barang Bekas

0
Melihat Wajah Baru Puskesmas Kalimulya : Pesan Edukasi Covid-19 Melalui Mural dan Barang Bekas
UNIK: Puskesmas Kalimulya dipercantik dengan mural dan pemanfaatan tutup kaleng bekas untuk pesan edukasi Covid-19. FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK
wajah puskesmas kalimulya
UNIK : Puskesmas Kalimulya dipercantik dengan mural dan pemanfaatan tutup kaleng bekas untuk pesan edukasi Covid-19. FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

 

Bosan dengan puskesmas yang begitu-gitu saja dan monoton? Nah, di Puskesmas Kalimulya ini, orang tua hingga anak-anak akan menyukai berbagai coretan cantik dengan tematik Covid-19. Puskesmas ini menjadi satu-satunya di Kota Depok yang dihiasi dengan mural.

Laporan: Daffa Andarifka Syaifullah

RADARDEPOK.COM – Jumat siang, Puskesmas Kalimulya nampak sepi akibat jam operasional setengah hari. Disitu nampak beberapa petugas yang mondar-mandir.

Begitu kamu masuk melewati gerbang, cobalah menengok ke sisi kiri. Lahan yang tadinya tempat anak kini disulap dengan mural fabel (binatang). Seperti gambar seekor gajah dengan handsanitizer di ujung belalainya, pun dengan monyet yang menjulurkan tangan seolah meminta cairan anti virus korona tersebut untuk mencuci tangan dan mengajak seorang anak bermasker tengah memegang apel agar tak lupa mencuci tangan.

Di sisi kanan gerbang, beragam tanaman berjejer. Seperti cabai Jawa untuk lemah syahwat, Kumis Kucing untuk diabetes, Lidah Buaya, Temulawak, Kunyit, Sirih Merah, Daun Pandan, dan Daun Miyana. Dihiasi dengan latar belakang mural bertemakan obat tanaman keluarga untuk meningkatkan imun demi menghindari Covid-19.

Memasuki ruang tunggu puskesmas, delapan kaleng bekas dicat warna warni menghiasi dinding dengan pesan edukasi masyarakat terhadap berbagai penyakit sekaligus menandai setiap ruangan yang ada.

“Ini adalah program pengabdian masyarakat dari Strata-3 (S3) Fakultas Ilmu Keperawatan yang bekerja sama dengan kami,” jelas Kepala Puskesmas Kalimulya, Toni Hermawan kepada Radar Depok.

Mural dan pengolahan barang bekas seperti kaleng dan menyisipkan tema beragam penyakit, seperti diabetes, hipertensi, dan lainnya kini menghiasi area puskesmas. Diharapkan pesannya tersampaikan kepada masyarakat yang berobat kesini.

“Pengerjaannya kurang lebih dua hari, Tujuannya untuk mengingatkan masyarakat akan menjaga diri dari penyebaran penyakit, salah satunya Covid-19,” pungkasnya. (*)

 

Editor : Pebri Mulya