Selasa, Maret 2, 2021
Beranda Ruang Publik Meningkatkan Mood dengan Makan Coklat

Meningkatkan Mood dengan Makan Coklat

0
Meningkatkan Mood dengan Makan Coklat

 

Oleh : Rizkya Gustyana

 

MOOD ialah keadaan emosional yang bersifat sementara, bisa beberapa menit sampai beberapa minggu. Mood biasanya memiliki nilai kualitas positif atau negatif. Dengan kata lain orang biasanya menyebutnya dengan sebutan mood baik (good mood) atau mood buruk (bad mood).

Mood mempengaruhi cara seseorang merespon rangsangan. Misalnya, mood yang tertekan cenderung merespon negatif, sedangkan mood senang cenderung merespon dengan semangat. Adapun penyebab mood (gangguan suasana hati) ialah, kondisi hormon, ketidak seimbangan kimia otak, penyakit tertentu, dan gangguan mental.

Ada beberapa tipe gangguan dalam gangguan mood. Pertama, gangguan mood yang mengacu pada satu kutub, arah atau tunggal. Dalam hal ini biasanya orang akan mengalami mood depresi seperti, sangat sedih, putus asa, terpuruk, kehilangan minat dan rasa senang pada aktifitas hal ini akan terjadi dalam waktu sedikit 2 minggu.

Kedua, gangguan mood euforia (kegembiraan) yang berlebihan dan mengalami depresi. Hal ini bisa berganti dalam hitungan jam, minggu maupun bulan.[1]Apabila mood sudah tidak membaik kita perlu mencari mood booster agar suasana hati kita tetap terjaga selama kondisi di dalam rumah.

Banyak cara yang bisa meningkatkan mood mulai dari kegiatan olahraga, menonton film drama favorit, mendengarkan musik, hingga makan-makanan enak seperti coklat. Selain rasanya yang manis coklat bisa mengembalikan mood yang lagi jelek bagi yang menikmatinya loh!

Apa sih hubungannya coklat ini dengan mood seseorang?

Coklat mengandung sejumlah zat yang memberikan kontribusi dalam meningkatkan sensasi yang menyenangkan bagi pengkonsumsinya. Didalam coklat ini mengandung asam Oleat, theobromine, kafein, dan phenethyylamine yang diyakini  dapat memberikan efek terjaga atau segar bagi yang mengkonsumsinya danmemberikan dampak dopamine atau munculnya perasaan senang dan perbaikan suasana hati.

Selain itu, coklat juga terdapat vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E, serta mineral-mineral baik seperti zat besi, kalium, kalsium, dan magnesium.Yuk, kita simak manfaat dan kandungan coklat!

  • Dark chocolate mengandung zat gizi mikro, seperti magnesium (Mg) dan sejumlah mineral yang bisa meringankan gejala PMS termasuk kram perut, mudah lelah, dan mudah marah.
  • Coklat juga mengandung senyawa polifenol atau golongan antioksidan, khususnya flavonoid seperti katekin, epikatekin, dan prosianidin yang bisa membantu sistem peredaran darah, sehingga meningkatkan aliran darah dan menjaga elastisitas serta fleksibilitas pembuluh darah di dalam tubuh
  • senyawa antioksidan pada biji coklat memiliki efekanti inflamasi (anti peradangan), sehingga bisa meningkatkan aliran darah ke otak dan megurangi peradangan.
  • Coklat juga tergolong pangan fungsional yang zat gizinya bisa meningkatkan kesehatan bagi yang mengonsumsinya

So, buat kalian yang moodnya lagi jelek bisa coba untuk mengkonsumsi coklat. Tapi ingat ya, jangan berlebihan karena kalori didalam coklat cukup tinggi. Dan segala sesuatu yang berlebihan menjadi tidak baik. Salam sehat!

[1] Jeffry S. Nevid dkk, Psikologi Abnormal edisi kelima jilid satu, (Jakarta:Erlangga, 2003), hlm 229.