Oleh : Nur Azizah 

 

PANDEMI Covid-19 yang telah mewabah di Indonesia 9 bulan sudah lamanya tentu sering sekali memberikan dampak terhadap kesehatan mental. Banyaknya berita yang mengkhawatirkan, kabar sedih dari kerabat atau teman, hingga pandemi yang belum tahu kapan berakhir seakan memberi beban tersendiri terhadap Kesehatan Mental.

Penulis dan Psikiatris, dr. Nova Riyanti menyampaikan merasakan sedih, bingung, atau tidak baik-baik saja selama pandemi adalah hal yang normal terjadi pada manusia. Mengingat pandemi bukan hal yang mudah untuk dihadapi hingga saat ini. Menjaga kesehatan mental menjadi hal yang utama, jika Kesehatan Mental terjaga maka tubuh akan lebih mudah untuk melakukan hal-hal produktif.

Kesehatan mental harus tetap terjaga bagaimana pun dan dimanapun kita, karna kembali lagi semua ada pada di diri kita masing-masing untuk bagaimana mengontrol, memanage dan menjaga pikiran serta tenaga yang kita hadapi sehari-hari dalam masa pandemi ini.

Dan secapek apapun kita bekerja dalam segala apapun tetap kita harus bisa mengontrol imun tubuh, agar tidak terlalu ngoyoh dalam pekerjaan, karna bagaimanapun juga dalam keadaan pandemi seperti ini kesehatan mental lah yang lebih utama, karena kita bisa menjaga kesehatan tubuh kita, menjauhi stressdan siap menghadapi keadaan seperti ini, selama pandemi penting untuk membuat jeda terhadap apa yang dilakukan.

Adanya imbauan untuk beraktivitas di rumah aja juga bisa menjadi kesempatan untuk mencari peluang terhadap diri sendiri.Menjadi manusia adalah sebuah proses, kita gagal, kita jatuh, kita capek, kita punya masalah, kita bangkit, kita buat koma sampai akhirnya kita mati dan sampai di titik akhir. Jadi, berkomalah dan buat sebuah jeda. It’s time to step back. Pandemi ini kita nggak bisa keluar rumah dan semua aktivitas kita dialihkan dirumah saja, jadi kembalilah ke dalam diri dan perbanyak potensi buat diri kita.

Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi covid-19

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi covid-19:

  1. Melakukan aktivitas fisik

Berbagai olahraga ringan, seperti lari kecil atau lompat di tempat, dapat Anda lakukan selama menjalani karantina di rumah. Dengan melakukan aktivitas fisik, tubuh Anda akan memproduksi hormon endorfin yang dapat meredakan stres, mengurangi rasa khawatir, dan memperbaiki mood Anda.

Latihan peregangan dan pernapasan juga dapat membantu Anda untuk menenangkan diri. Jangan lupa untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk meningkatkan sistem imun.

  1. Mengonsumsi makanan bergizi

Konsumsilah makanan yang mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat. Beragam nutrisi tersebut dapat Anda peroleh dari nasi dan cereal, buah-buahan, sayuran, makanan laut, daging, kacang-kacangan, serta susu.

Bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, asupan nutrisi yang cukup juga dapat menjaga kesehatan mental Anda, baik secara langsung maupun tidak langsung.

  1. Menghentikan kebiasaan buruk

Bila Anda seorang perokok, cobalah hentikan kebiasaan buruk tersebut mulai dari sekarang. Merokok akan meningkatkan risiko Anda terinfeksi kuman penyakit, termasuk virus Corona. Selain itu, batasi juga konsumsi minuman beralkohol.

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol dapat mengganggu kesehatan fisik maupun mental Anda.

Kebiasaan buruk yang juga perlu dihentikan adalah kurang beristirahat atau sering begadang. Jika kurang istirahat, Anda akan lebih mudah mengalami kecemasan dan mood Anda pun akan lebih tidak stabil.

  1. Membuat rutinitas sendiri

Selama menjalani karantina di rumah, Anda bisa melakukan hobi atau aktivitas yang Anda sukai, misalnya memasak, membaca buku, atau menonton film. Selain meningkatkan produktivitas, kegiatan tersebut juga dapat menghilangkan rasa jenuh.

  1. Lebih bijak memilah informasi

Batasi waktu Anda untuk menonton, membaca, atau mendengar berita mengenai pandemi, baik dari televisi, media cetak, maupun media sosial untuk mengurangi rasa cemas.

Meski begitu, jangan menutup diri sepenuhnya dari informasi yang penting. Pilah informasi yang Anda terima secara kritis dan bijak. Dapatkan informasi mengenai pandemi virus Corona hanya dari sumber yang terpercaya.

  1. Menjaga komunikasi dengan keluarga dan sahabat

Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, teman, dan rekan kerja Anda, baik melalui pesan singkat, telepon, atau video call. Anda bisa menceritakan kekhawatiran dan kecemasan yang Anda rasakan. Dengan cara ini, tekanan yang Anda rasakan dapat berkurang sehingga Anda bisa lebih tenang. (*)