Sabtu, Maret 6, 2021
Beranda Satelit Depok MPLS Pondok Petir Bantu Anggota

MPLS Pondok Petir Bantu Anggota

0
MPLS Pondok Petir Bantu Anggota
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK BERUSAHA : Anggota MPLS Pondok Petir sedang menjalankan UMKM bir peletok.
anggota mpls pondok petir sedang menunggui usahanya
BERUSAHA : Anggota MPLS Pondok Petir sedang menjalankan UMKM bir peletok. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, PONDOK PETIR – Masyarakat Peduli Lingkungan Sehat (MPLS) Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, bergerak membantu masyarakat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan penyemprotan cairan disinfektan.

Pengurus MPLS Kelurahan Pondok Petir, Aji Sucipto mengatakan, organisasi nya tidak hanya bergerak dibididang kesehatan  selain itu, MPLS juga memberikan bantuan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk membantu masyarakat yang terdampak langsung. “Memang program kami selain masalah kesehatan juga masalah pemerdayaan ekonomi bagi masyarakat yang serius untuk mengembangkan usahanya atau mau membuka usaha,” kata Aji, Rabu (27/1).

Dia mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah gencar menggelontorkan bantuan berupa  modal dan barang, diantaranya, beberapa mesin jahit, obras dan modal usaha makanan dan minuman. “Saat ini udah ada 15 anggota yang diberikan bantuan berupa barang dan modal, mesin jahit untuk anggota yang biasa menjahit, makanan dan minuman untuk yang benar benar niat usaha atau dagang, ” bebernya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, kegiatan bantuan ini masih berupa swadaya, bantuan berupa dana dan barang bersipat lunak, tidak wajib untuk di kembalikan, namun, apabila anggota yang sudah berhasil menjalankan usaha harus membagi hasil untuk khas MPLS. “Jadi keuntungan bisa dibagi untuk membantu anggota baru lainnya,” terangnya.

Sementata itu, Ketua MPLS Israwan Nugroho mengatakan, program pemerdayaan ekonomi masyarakat bukan saja diberikan bantuan modal dan barang, juga diberikan bimbingan dan pengwasan, hal ini demi kelangsungan berkelanjutan dalam menjalankan usaha baru kepada anggota binaan.

“Sementara MPLS memberikan bantuan lebih banyak di barang, soalnya kalau kita berikan modal takutnya abis, kondisi saat ini lagi sulit soalnya,” jelas Israwan.

Nantinya, apabila ada dermawan yang mau membantu program kesejahteraan melalui peningkatan usaha masyarakat kecil, MPLS siap menyalurkan. “Berharap sehat bukan sehat lingkungan saja, sehat ekonomi, sehat pendidikannaya. Kita sebagai masyarakat, intinya hidup harus bermanfaat bagi masyarakat, ” pungkasnya. (rd/dra)

 

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro