Jumat, Maret 5, 2021
Beranda Satelit Depok Pegawai Kecamatan Sawangan Bersihkan Taman Toga : Manfaatkan Pekarangan Kantor, Banyak Ragam Tanaman

Pegawai Kecamatan Sawangan Bersihkan Taman Toga : Manfaatkan Pekarangan Kantor, Banyak Ragam Tanaman

0
Pegawai Kecamatan Sawangan Bersihkan Taman Toga : Manfaatkan Pekarangan Kantor, Banyak Ragam Tanaman
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK SALAM SEHAT : Plt Camat Sawangan, Fery Birowo, sedang membersihkan lahan tanaman Toga.
plt camat sawangan sedang memanfaat pekarangan kantor untuk ragam tanaman berkhasiat
SALAM SEHAT : Plt Camat Sawangan, Fery Birowo, sedang membersihkan lahan tanaman Toga. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

Aparatur Kecamatan Sawangan menghidupkan kembali tanaman obat keluarga (toga) dengan memanfaatkan pekarangan kantor kecamatan. 

 Laporan : Indra Abertengo Siregar

RADARDEPOK.COM, Pegawai kantor Kecamatan Sawangan membersihkan pekarangan yang ada di sekitat gedung kantor itu. Mereka membersihkan rumput dan sampah yang ada disana. “Kita mau memanfaatkan setiap lahan yang ada untuk dijadikan taman toga,” kata Plt Camat Sawangan, Fery Birowo.

Sebelumnya, tanaman obat tersebut sudah ada. Namun diperbanyak seiring tersedianya lahan pekarangan. “Kami mengajak rekan-rekan aparatur pemerintah menanam toga dan sayuran yang bermanfaat untuk kebutuhan keluarga,” ucapnya.

Tanaman yang ditanam di pekarangan, lanjut dia, terdiri dari sirih merah, kunyit, lengkoas, sereh, temu kunci, kemudian untuk jenis sayuran yaitu terong dan cabai. “Semua aparatur pemerintah kita libatkan dalam aksi tanam, karena dengan menanam menjadikan lahan berfungsi dengan baik dan hijau,” ujarnya.

Meski demikian, dikatakannya, sebelumnya areal pekarangan sudah ada tanamannya, namun sekarang ini tinggal menambahkan, sehingga pekarangan lebih hijau.

Mengenai perawatannya,  semua kegiatan dilakukan aparatur kecamatan karena dijadwal setiap Jumat melakukan aksi bersih. “Di belakang kantor halamannya cukup luas dan banyak tumbuhan produktif, sehingga daun dan ranting yang kering sering jatuh, sehingga diagendakan aksi bersih setiap Jumat,” terangnya. (*)

 

 

Editor : Junior Williandro