pegawai kelurahan kedaung melakukan aksi tanam pohon untuk jaga lingkungan
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK PENGHIJAUAN : Plt Lurah Keduang, Lahmudin bersama PKK dan Pegawai Kelurahan Kedaung sedang menanam pohon di tepi Jalan Abdul Wahab.
pegawai kelurahan kedaung melakukan aksi tanam pohon untuk jaga lingkungan
PENGHIJAUAN : Plt Lurah Keduang, Lahmudin bersama PKK dan Pegawai Kelurahan Kedaung sedang menanam pohon di tepi Jalan Abdul Wahab. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

Aparatur Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan, melakukan aksi bersih dan penghijauan di sekitar Jalan Raya Abdul Wahab yang berbatasan dengan Kelurahan Sawangan.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM, Belasan pegawai kantor Kelurahan Kedaung turun kejalan melakukan aksi bersih-bersih. Dengan tangan telanjang mereka memunguti sampah dan mencabuti rumput yang ditemui di tepi Jalan Abdul Wahab.

Dalam kegiatan itu, sangat banyak sampah plastik dan kaleng yang dipungut mereka. Sebelum dibersihkan tempat itu terkesan kumuh dan tidak sedap dipandang. Ketika mulai dibersihkan, penampakannya langsung jadi lebih indah dan asri.

Di lokasi itu, tampak Plt Lurah Kedaung, ikut serta mengangkuti sampah ke sebuah gerobak. Sembari melakukan kegiatannya, dia mengatakan aksi bersih itu dilakukan karena lokasi sekitar tepi jalan tersebut banyak ditemui sampah, sehingga membuat lingkungan kumuh.

Kami ingin mengajak warga peduli akan kebersihan ,”kata Lahmudin, belum lama ini.

Dalam kegiatan ini mereka juga ingin memberikan contoh kepada warga untuk tidak membuang sampah secara sembarangan di tepi jalan yang membuat lingkungan menjadi kumuh, sehingga dapat menimbulkan penyakit. “Di musim hujan saat ini, sampah dibiarkan akan meninggalkan bau tak sedap. Selain itu dengan mudah muncul penyakit,” tuturnya.

Seharunya, lanjut dia, sampah jangan dibuang sembarangan melainkan di tempatkan di tempat pembuangan sampah. Minimal dikumpulkan sesuai jenisnya, organik dan non organik agar lingkungan bersih. “Organik itu bisa dijadikan sebagai pupuk penyubur tanaman, sedangkan non organik memiliki nilai ekonomis,” paparnya.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan penanaman beberapa batang bibit pohon agar bisa tumbuh dan memberikan kesejukan serta keindahan di lokasi tersebut.

Pohon ini harus diperbanyak, karena dengan kehadiran pohon kita memiliki oksigen yang cukup untuk kehidupan kita,” pungkasnya. (*)

Editor : Junior Williandro