Minggu, Februari 28, 2021
Beranda Metropolis Pemkot Depok Mau Tambah Tujuh SMPN

Pemkot Depok Mau Tambah Tujuh SMPN

0
Pemkot Depok Mau Tambah Tujuh SMPN
SURVEY: Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok survey lahan bangunan untuk pembuatan SMP Negeri baru di Kota Depok, Rabu (6/1). FOTO : PUTRI/RADAR DEPOK
thamrin tinjau lokasi SMP baru
SURVEY : Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok survey lahan bangunan untuk pembuatan SMP Negeri baru di Kota Depok, Rabu (6/1). FOTO : PUTRI/RADAR DEPOK

 

DEPOK – Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok Berencana menambah tujuh SMP Negeri, yang akan dibangun di lima kecamatan.

Kepala Disdik Kota Depok, Mohammad Thamrin mengatakan, langkah ini guna memenuhi kekurangan sekolah di kecamatan. “Berdasarkan kajian kami, Kota Depok masih kurang 20 SMP Negeri,” tuturnya kepada Radar Depok, saat melakukan rapat dan survey pengadaan sekolah baru, di SMPN 3 Depok, Rabu (6/1).

Dirinya menyebut, titiknya di Kecamatan Sukmajaya, Kecamatan Cimanggis, Kecamatan Cipayung, Kecamatan Cilodong, dan Kecamatan Pancoranmas. Rinciannya, Kecamatan Cimanggis (dua titik), Kecamatan Cipayung (satu titik), Kecamatan Cilodong (satu titik), dan Kecamatan Pancoranmas (satu titik).

“Alasannya juga karena yang masuk ke sekolah negeri di kecamatan tersebut masih dibawah 30 persen. Jadi rasanya perlu kami tambah SMP negeri di kecamatan tersebut,” ujar Thamrin.

Lebih lanjut, kata dia, untuk titik pembangunan di Kecamatan Sukmajaya, akan dibuat di SMPN 3 Depok. Sekolah tersebut memiliki luas 9.700 meter persegi. Makanya, bisa dijadikan dua sekolah. Sebab biasanya rata-rata luas bangunan SMP adalah 3.000 meter persegi sampai – 4.000 meter persegi. “Dengan luas 9.700 meter persegi. Maka akan kami bangun SMP yang baru disitu,” lanjutnya.

Masih di Sukmajaya. Thamrin menuturkan, selain di SMPN 3, sekolah baru juga akan dibangun di SDN Mekarjaya 6. “Kalau SDN Mekarjaya 6 akan ditutup. Karena berdasarkan kajian kami, SD tersebut sudah tidak terlalu banyak peminatnya, sementara SD di sekitar sudah banyak,” sambungnya.

Ia berharap, pembangunan sekolah diproyeksikan rampung pada 2023. Pihaknya pun telah mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM)nya.

“Untuk hal berikutnya akan disiapkan SDM, kemudian pengajuan pembuatan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan administrasi akan diajukan bersinergi dengan dinas dan kecamatan setempat,” tambahnya.

Lalu di Cimanggis, lanjut Mantan Sekretaris DPRD Kota Depok ini, akan menggunakan bangunan SDN Pasir Gunung Selatan 3 dan sebagian lahan SMPN 8 Depok.