perpustakaan UI akreditasi
ASESMEN: Suasana saat asesmen Perpustakaan Universitas Indonesia. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Indonesia meraih Akreditasi "A" dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan-Nasional (LAP-N), Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. FOTO : UI FOR RADAR DEPOK
perpustakaan UI akreditasi
ASESMEN : Suasana saat asesmen Perpustakaan Universitas Indonesia. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Indonesia meraih Akreditasi “A” dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan-Nasional (LAP-N), Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. FOTO : UI FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Indonesia meraih Akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan-Nasional (LAP-N), Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Keputusan ini tertuang pada Sertifikat Akreditasi Nomor: 0185/LAP.PT/XI.2020 dan berlaku sejak 10 November 2020 hingga 10 November 2025.

Penyerahan Sertifikat Akreditasi dilakukan secara daring kepada Kepala UPT Perpustakaan Universitas Indonesia, Utami Budi Rahayu Hariyadi.

“Ini adalah akreditasi pertama UPT Perpustakaan UI. Puji syukur, langsung mendapat nilai A. Hasil akreditasi yang dicapai ini merupakan bukti bahwa pengelolaan UPT Perpustakaan UI telah memenuhi Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi,” ungkap Utami.

Selain itu, nilai Akreditasi ini adalah hasil kerja keras seluruh Staf UPT Perpustakaan UI yang telah mendedikasikan dan melakukan tugasnya selama ini, dan juga berkat dukungan dari Pimpinan UI dan seluruh Sivitas Akademika UI yang telah memanfaatkan semua layanan perpustakaan sebagai pendukung proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Proses Akreditasi UPT Perpustakaan Universitas Indonesia dilakukan pada 5 November 2020 secara daring dan dihadiri oleh Tim Asesor dan pendamping dari LAP-N Perpustakaan Nasional  RI yang terdiri dari Drs. Deni Kurniadi, M.Hum (Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI); Dra. Hj. Sri Sularsih, M.Si. (Asesor LAP-N); Dra. Zurniaty Nasrul, MLS (Sekretaris & Asesor LAP-N); Alfi Noor Afridyan, S.IIP (Pustakawan Ahli Pertama, Perpustakaan Nasional RI); dan Susilo Prabowo, A.Md (Pustakawan Terampil, Perpusnas  Perpustakaan Nasional RI).

Menurut Zurniaty Nasrul, Perpustakaan UI dapat mengikuti tahap-tahap penilaian dengan baik sesuai dengan arahan dari tim Akreditasi Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI.

“Hasil Akreditasi selengkapnya dapat dilihat dari rekomendasi yang diberikan oleh Tim Asesor pada saat penilaian,” tuturnya.

UPT Perpustakaan Universitas Indonesia memenuhi lima komponen yang dinilai oleh LAP-N Perpustakaan Nasional RI dengan nilai sangat baik, yaitu Komponen Koleksi Perpustakaan; Komponen Sarana dan Prasarana Perpustakaan; Komponen Layanan Perpustakaan; Komponen Tenaga Perpustakaan; Penyelenggaranaan Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perpustakaan; serta Komponen penguat yang terdiri dari karya inovasi dan kreativitas, keunikan, dan prestasi. (rd/gun)

 

Sekilas Tentang Perpustakaan UI:

– Menyediakan 739.171 Judul/865.910 eksemplar buku teks

– Koleksi khusus

– Karya ilmiah (skripsi/tesis/disertasi/laporan penelitian)

– Jurnal ilmiah elektronik

– Koleksi audio visual

– Koleksi e-books

– Buku referensi

– Koleksi majalah

– Naskah yang dapat diakses pada laman http://lib.ui.ac.id.

 

Luas:

33.000 m2 di atas tanah seluas 2,5 hektar

– Memiliki berbagai fasilitas modern

– Layanan secara fisik dan online yang dapat dimanfaatkan oleh Sivitas Akademika UI dan masyarakat umum.

 

Rincian Layanan:

– Layanan peminjaman koleksi secara mandiri

– Pelatihan literasi informasi

– Layanan pencegahan plagiarisme

– Layanan penelusuran literatur

– Layanan Knowledge ATM

– e-Resources Delivery Services untuk para guru besar di lingkungan UI

 

Jurnalis : M. Agung HR

Editor : Pebri Mulya