Beranda Metropolis Perpustakaan Umum Close Access

Perpustakaan Umum Close Access

0
Perpustakaan Umum Close Access
SEPI: Situasi Perpustakaan Umum Kota Depok yang sepi pengunjung karena terdampak Pandemi Covid-19. FOTO: PUTRI RADAR DEPOK
Perpustakaan Umum Kota Depok
SEPI: Situasi Perpustakaan Umum Kota Depok yang sepi pengunjung karena terdampak Pandemi Covid-19. FOTO: PUTRI RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Perpustakaan Umum Kota Depok yang berada di Jalan Raya Margonda masih menggunakan sistem close access bagi para pengunjung yang datang. Artinya, perpustakaan tersebut terbuka untuk peminjaman dan pengambilan buku, tetapi tidak boleh dibaca di tempat. Hal ini disesuaikan dengan kondisi saat ini yang masih rawan penularan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Kepala Bidang Perpustakaan Kota Depok, Catur Sri Astuti mengatakan, sejauh ini jumlah pengunjung perpustakaan masih sama dengan bulan-bulan sebelumnya.

“Semenjak ada pandemi, pengunjung yang datang bisa dihitunglah ya, tidak sebanyak seperti sebelum pandemi,” tutur Catur kepada Radar Depok, Senin (25/1).

Berdasarkan data internal yang dimiliki Perpustakaan Kota Depok, sejak 1 Januari 2021 sampai 25 Januari 2021 pengunjung yang datang langsung ada 170 orang. sedangkan pengunjung yang melalui aplikasi ada 148 orang.

“Kalau dibandingkan dengan Januari tahun lalu sangat jauh berbeda, ada 3.837 pengunjung,” ujar Catur.

Lebih merinci, dari 170 orang pengunjung di Januari, perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki. Jumlah pengunjung perempuan ada 118 orang. Dan pengunjung laki-laki ada 52 orang.

“Kalau yang melalui aplikasi, perempuan ada 86 orang. Dan laki-laki 62 orang,” sambungnya.

Kemudian, sejauh ini, buku yang paling sering dipinjam pada Januari masih di kelas sastra, yaitu novel. Mungkin, hal tersebut dikarenakan banyak orang yang memiliki waktu luang dan memilih untuk membaca karya sastra atau novel.

“Paling banyak dipinjam sih novel ya, di awal tahun ini,” lanjutnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung Perpustakaan Umum Kota Depok, Alif Alfian mengatakan, dia datang ke perpustakaan hanya untuk mengambil buku pinjamannya. Sebelumnya, dia telah memilih buku yang ingin dipinjam lewat aplikasi perpustakaan umum.

“Saya memang suka pinjam buku di sini, kalau tidak pandemi juga suka baca langsung. Tapi karena sekarang lagi close access, makanya saya hanya ambil buku saja. Bacanya di rumah,” tutupnya.(rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR