Selasa, Maret 2, 2021
Beranda Utama Plasma Walikota Depok Selamatkan Tiga Nyawa Pasien Covid-19 

Plasma Walikota Depok Selamatkan Tiga Nyawa Pasien Covid-19 

0
Plasma Walikota Depok Selamatkan Tiga Nyawa Pasien Covid-19 
LULU/RADAR DEPOK SEHAT : Walikota Depok, Mohammad Idris melakukan donor Plasma Konvalesen di Markas PMI Kota Depok, Kamis (28/1).
plasma walikota depok
SEHAT : Walikota Depok, Mohammad Idris melakukan donor Plasma Konvalesen di Markas PMI Kota Depok, Kamis (28/1). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Walikota Depok Mohammad Idris memang membanggakan. Setelah dinyatakan lulus proses skrining. Kamis (28/1), orang nomor satu di Kota Depok ini mendonorkan plasma konvalesen, di markas PMI Kota Depok. Dengan begitu, artinya walikota sudah menyelamatkan tiga nyawa pasien Covid-19.

Setelah melakukan donor plasma, kepada Harian Radar Depok, Walikota Depok, Mohammad Idris menerangkan, dalam prosesnya tidak jauh berbeda dengan donor darah yang lazim dilakukan. “Tidak jauh berbeda, hanya saja memang memakan waktu lebih lama dari donor darah umumnya, karena yang diambil bukan darahnya melainkan plasmanya,” ucapnya, Kamis (28/1).

Lebih lanjut, Idris menjelaskan, proses yang dijalaninya memankan waktu kurang lebih 45 menit, untuk satu kantong plasma yang berisi 600 cc. Dalam satu kantong plasma tersebut, dapat digunakan untuk maksimal tiga pasien Covid-19. “Alhamdulillah, saya tidak ada rasa apa-apa, pusing juga tidak. Saat di suntik pertama saja ada rasa sakit, dan itu hal yang wajar,” jelasnya.

Awalnya walikota juga merasa ragu untuk melakukan donor plasma, pasalnya pada Juli 2021 ini, usianya menginjak usia maksimal untuk donor plasma yaitu 60 tahun.

“Makanya saya minta dites rapid, dan darah saya di cek di pusat untuk dilihat kualitas darahnya. Dan ternyata memenuhi standar. Lagi pula, ini ditangani oleh petugas yang profesional, sehingga saya serahkan dan percaya kepada ahlinya,” terangnya.

Walikota pun mengajak kepada para penyintas Covid-19, untuk melakukan donor plasma konvalesen. Karena plasma konvalesen sangat dibutuhkan pasien Covid-19, dalam penyembuhan dan pemulihan. “Kami mengajak seluruh penyintas Covid-19 di Kota Depok, untuk melakukan donor plasma. Saya pastikan proses donor aman karena ditangani ahlinya dengan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua PMI Kota Depok, Dudi Miraz menerangkan, sudah ada delapan kantong plasma dan hari ini bertambah satu yaitu dari Walikota Depok, Mohammad Idris.

“Tentu masih dibutuhkan plasma sebanyak-banyaknya, mengingat setiap harinya yang membutuhkan semakin bertambah. Tentu, ini menjadi contoh bahwa Bapak Walikota melakukan donor plasma dengan aman. Dan saya pun sudah mendonorkan beberapa hari lalu,” jelasnya.

Dudi menjelaskan, tidak ada treatmen khusus ketika sebelum dan sesudah melakukan donor plasma. Yang terpenting, hanya menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. “Mungkin setelah melakukan  donor plasma, tidak dianjurkan untuk melakukan berbagai aktifitas yang berat. Selebihnya tidak ada pantangan, dan diharapkan tetap menjaga kesehatan,” pungkas Dudi.

Perlu diketahui, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok merilis perkembangan kasus Covid-19 pada Kamis (28/1). Dalam catatan, pada hari ini kasus konfirmasi positif Covid-19 mencapai 228 orang.

Dengan penambahan tersebut, jumlah total positif Covid-19 di Kota Depok sebanyak 25.929 jiwa. Selain itu juga terjadi penambahan korban meninggal positif Covid-19 yakni lima orang. Jumlah totalnya menjadi 563 jiwa meninggal positif Covid-19. Sedangkan kasus konfirmasi aktif sebanyak 4.845 jiwa. Adapun pasien positif Covid-19 yang sembuh bertambah 262 orang. Total pasien positif Covid-19 yang sembuh menjadi 20.521 orang.(rd/tul)

Update Kasus Covid-19 Depok :

Tanggal :

–              Kamis, 28 Januari 2021

Positif :

–              25.929 jiwa (+228)

Sembuh :

–              20.521 jiwa (+262)

Meninggal :

–              563 jiwa (+5)

Pasien Aktif :

–              4.845 jiwa

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah 

Editor : Fahmi Akbar