Beranda Metropolis PMI Depok Siapkan Terapi Plasma Konvalesen

PMI Depok Siapkan Terapi Plasma Konvalesen

0
PMI Depok Siapkan Terapi Plasma Konvalesen
PLASMA KOVALESEN DIBURU: Staf Unit Donor darah PMI Kota Depok menunjukan kantung darah dengan jenis berbeda. Saat ini di Kota Depok, Plasma Konvalesen semakin diburu masyarakat untuk terapi penyembuhan virus covid-19. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK
jumlah stok darah di depok
PLASMA KOVALESEN DIBURU : Staf Unit Donor darah PMI Kota Depok menunjukan kantung darah dengan jenis berbeda. Saat ini di Kota Depok, Plasma Konvalesen semakin diburu masyarakat untuk terapi penyembuhan virus covid-19. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Masyarakat mulai berbondong-bondong mencari darah berjenis Plasma Konvalesen yang disinyalir dapat membantu penyembuhan pasien covid-19 dengan cara terapi. PMI Depok memastikan awal Februari sudah menyediakan plasma konvalesen di Markas PMI, Jalan Boulevard GDC.

“Iya sekarang sering dicari. Insha Allah awal Februari sudah ada, jika tidak ada halangan,” ungkap Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Depok, Dr Widya Astriani, Kamis (14/01).

Disampaikannya, terapi plasma konvalesen dilakukan dengan memberikan plasma atau bagian darah mengandung antibodi dari orang yang telah sembuh (survivor atau penyintas) kepada pasien yang sakit. Plasma tersebut bisa mengeliminasi virus sehingga diharapkan infeksi bisa terputus.

“Terapi plasma konvalesen juga diharap dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh pada orang-orang yang positif virus covid 19,” harapnya.

Dirinya menerangkan, bahwa stok darah di PMI mengalami peningkatan sejak awal tahun 2021, meski penambahan tidak secara banyak, namun progres peningkatan stok darah mulai terlihat.

“Tapi masih belum dikategorikan aman. Untuk terkini ada 194 kantung darah berbagai jenis,” ungkapnya kepada Radar Depok.

Adapun seluruh kantung darah yang tersedia di PMI, seperti darah siap pakai elisa WB sebanyak 15 kantung darah, PRC sebanyak 66 kantung darah, TC 11 kantung darah, TC Aferesis tidak tersedia, FFP 15 kantung darah. Lalu untuk PRC NAT tidak tersedia, dan FPP NAT sebanyak 77 kantung darah.

“Yang paling banyak memang jenis PRC, tapi seperti yang tadi saya katakan, banyak yang mencari Plasma Konvalesen,” tambah Dr Widya.

Saat ini, tercatat ada sekitar 24 Rumah Sakit swasta maupun negeri di Kota Depok yang secara intens berkolaborasi dengan PMI soal stok darah. Selain itu, ada juga Rumah Sakit di Jakarta serta Bogor yang juga menjalin kerja sama dengan PMI Depok.

“Itu karena lokasinya berdekatan dengan kami, atau banyak pasiennya yang dari warga depok, sehingga menjalin kerjasama dengan kami. Tapi intinya kami selalu menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit, karena ini soal kesehatan dan kemanusiaan,” tandasnya. (rd/arn)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Pebri Mulya