Satpol PP Penertiban
TERTIB: Tiga Pilar Kota Depok sedang menertibkan dan memberikan imbauan kepada warga terkait Peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Depok. FOTO: IST
Satpol PP Penertiban
TERTIB: Tiga Pilar Kota Depok sedang menertibkan dan memberikan imbauan kepada warga terkait Peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Depok. FOTO: IST

 

RADAR DEPOK.COM, DEPOK – Tiga pilar terus berupaya melakukan langkah preventif dalam Peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kepada masyarakat Kota Depok. Mulai dari bermasker, menjaga jarak, mencegah titik kerumunan, hingga jam operasional pemilik usaha. Sejak Senin (11/1) hingga Kamis (21/1) sudah banyak jumlah pelanggaran dan beragam sanksi telah dilayangkan.

Sekretaris Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok, Fery Birowo menjelaskan selama berjalannya PPKM di Kota Depok yang bekerjasama dengan berbagi pihak, pertanggal 21 Januari lalu sebanyak 1.803 pelaku usaha telah melanggar ketentuan yang diberlakukan selama PPKM.

“Kami menemukan masih banyak warga yang acuh bermasker, ada 2.009 pelanggar yang terjaring razia. Selain itu, terdapat 20 titik kerumunan selama dua minggu ini, dan sudah kami bubarkan,” jelas Fery kepada Radar Depok, Jumat (22/1).

Adapun, lanjut Fery, beragam sanksi telah dilancarkan, baik preventif secara lisan ataupun tulisan, memberikan sanksi sosial seperti menyebutkan Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan lainnya. Maupun denda terhadap pelanggar.

“Sanksi berupa Teguran baik tertulis maupun lisan sebanyak 2.538, Sanksi Sosial 1.223, dan Denda 71,” bebernya.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) di Jawa-Bali Jilid II sudah resmi diperpanjang. Kebijakan yang semula dijadwalkan berakhir pada 25 Januari 2021, kini diperpanjang 14 hari, mulai 26 Januari hingga 8 Febuari 2021. Menanggapi hal tersebut, Fery mengatakan pihaknya bersama tiga pilar akan lebih meningkatkan pelaksanaan kegiatan penertiban atau operasi di Kota Depok.

“Tetap kami melaksanakan kegiatan dengan lebih ditingkatkan lagi operasi di wilayah Kota Depok. Yang bekerjama dengan Polri, TNI, dan Dishub,” kata Fery.

Terpisah, Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Depok. Sri Utomo berharap dan mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan kesadaran diri atas penerapan protokol kesehatan (prokes).