Selasa, Maret 9, 2021
Beranda Utama Puncak Diterjang Banjir Bandang, Bupati Singgung Bangunan di Atas Lahan PTPN

Puncak Diterjang Banjir Bandang, Bupati Singgung Bangunan di Atas Lahan PTPN

0
Puncak Diterjang Banjir Bandang, Bupati Singgung Bangunan di Atas Lahan PTPN
banjir bandang puncak lagi
Lokasi banjir bandang di Komplek Gunung Mas Blok C, Rt 02/02 Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Selasa (19/1) pagi. (Radar Bogor)

 

RADARDEPOK.COM, BOGOR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor masih terus menyelidiki penyebab pasti banjir bandang, yang menerjan kawasan Puncak, Selasa (19/01) pagi.

Namun begitu, Bupati Bogor, Ade Yasin menduga, bisa saja bangunan yang berdiri di atas lahan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Gunung Mas, yang jadi penyebabnya. Pemkab Bogor tak punya kewenangan disana.

Yang punya kewenangan mereka (PTPN), kami tidak punya kewenangan. Tapi, saya imbau sekarang kan banyak yang di KSO-kan, dipihak ketigakan untuk dijadikan tempat penginapan dan lainnya. Harus dievaluasi,” pintanya, seperti dilansir radarbogor.id.

Ade menilai jika keberadaan bangunan tersebut dianggap membahayakan, apalagi intensitas hujan di Bumi Tegar Beriman belakangan terus meningkat dan menyebabkan tanah gembur. “Kemungkinan terjadinya longsor semakin besar,” bebernya.

Tak jauh berbeda, Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan menuturkan, sejak semalam kondisi di wilayah Puncak terjadi hujan secara terus menerus. Sedangkan kebun teh itu akan rapuh jika terkena air.

Hujan sejak pukul 22:00 WIB hingga pagi ini (19/01). Kalau kena air langsung longsor, bukan air lewat, itu kan lumpur bercampur kayu, naik jadi tumpah ke jalan,” kata dia.

Iwan menyebut, sebagian besar warga terdampak banjir bandang merupakan karyawan PTPN. “Memang ketahanan air kurang untuk perkebuna teh. Banyak kasus longsor di kebun teh, mungkin karena akarnya serabut,” tukasnya. (rd/rbg)

 

Editor : Junior Williandro