Sabtu, Maret 6, 2021
Beranda Metropolis PWD Bantu Omah Koesno Pejuang Kemerdekaan

PWD Bantu Omah Koesno Pejuang Kemerdekaan

0
PWD Bantu Omah Koesno Pejuang Kemerdekaan
PEDULI SESAMA: Utusan rekan media dari Paguyuban Wartawan Depok (PWD) saat menyambangi dan menyalurkan bantuan kepada Omah Koesno salah satu pejuang kemerdekaan yang berdomisili, di Cimanggis, Kota Depok. FOTO: ARNET/RADARDEPOK
PWD Oemah Kusno
PEDULI SESAMA: Utusan rekan media dari Paguyuban Wartawan Depok (PWD) saat menyambangi dan menyalurkan bantuan kepada Omah Koesno salah satu pejuang kemerdekaan yang berdomisili, di Cimanggis, Kota Depok. FOTO: ARNET/RADARDEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menjelang Hari Pers Nasional yang tinggal di depan mata, persatuan wartawan mulai merayakan dengan berbagi kebutuhan hidup ke masyarakat yang membutuh, terlebih dalam situasi pandemi saat ini.

Istri salah satu mantan ajudan Presiden RI pertama Soekarno, Omah Koesno menjadi pilihan yang dilakukan Paguyuban Wartawan Depok (PWD) untuk menyalurkan bantuan kebutuhan hidup janda pejuang tersebut dalam menjalani hidupnya. Cucu Omah Koesno, Aldy Rifaldi menerangkan memang kehidupan omah semakin hari makin memprihatinkan, terlebih saat ini dirinya tidak dapat mencari nafkah karena mobil yang di sewa untuk taksi online, telah dijual pemiliknya.

“Ya begini sekarang keadaan omah dan keluarga saya. Alhamdulillah beberapa waktu lalu ada yang bersedia rumahnya kami tinggali,” jelas Aldi kepada Radar Depok, Kamis (28/01).

Diketahui, Omah Koesno adalah istri dari Almarhum R. Koesno yang merupakan ajudan pertama Presiden Soekarno. R. Koesno merupakan petugas pertama di CPM Guntur kawasan Manggarai setelah usai mengawal Bung Karno.

Aldi merasa bantuan yang diberikan bukan sebatas logistik, melainkan sebagai jembatan untuk mendapat hak omah yang tercatat sebagai istri veteran, sehingga omah mendapatkan hak sebagai pejuang kemerdekaan.

Sementara, Ketua PWD, Merlin Ferry Sinaga menyampaikan, ini sebagai bentuk teguran kepada pemerintah serta jajaran lainnya untuk memberikan kehidupan yang layak kepada mantan pejuang yang masih tersisa hingga saat ini. “Itu kewajiban negara dan itu hak para pejuang. Bantuan yang kami berikan untuk menyambung hidup omah dan keluarga pak Aldi,” tegasnya.

Namun, diungkapkan Ferry langkahnya dalam membantu omah mendapatkan hak sebagai pejuang akan terus dilakukan bersama rekan media lainya. Setidaknya saat Hari Pers berlangsung ada hasil yang didapat dalam membantu sesama. “Nilai itu sangat berarti dari pada kami buat acara besar tanpa ada maknanya, apalagi sekarang pandemi, jangan sampai mengumpulkan banyak orang,” ungkapnya.

Adapun yang diberikan kepada Omah Koesno dari rekan media, seperti beras, mie instan, telur, minyak, buah, hingga obat-obatan yang dibutuhkan omah. (rd/arn)

 

Jurnalis: Arnet Kelmanutu

Editor: M. Agung HR