RSUD Depok
Ilustrasi. RSUD Kota Depok
RSUD Depok
Ilustrasi. RSUD Kota Depok

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Virus Korona (Covid-19) terus menunjukan taringnya di Kota Depok. Rabu (27/1), virus yang menyerang saluran pernafasan tersebut berhasil mencetak rekor baru sejak Korona hadir di Depok Maret 2020 lalu. Data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, konfirmasi positif Covid-19 mencapai 516 orang. Dengan adanya penambahan tersebut, jumlah total positif Covid-19 di Kota Depok sebanyak 25.701 orang. Kenaikan angka tersebut beriringan dengan banyaknya pasien yang numpuk di ruang instalasi gawat darurat (IGD), akibat tidak adanya ruangan di rumah sakit (RS).

Kepala Dinas Kesehata (Dinkes) Kota Depok, Novarita menjelaskan, belum ada rencana penambahan ruang penanganan. “Kalau tidak salah sudah hampir 90 persen lebih ruangan sudah terisi. Untuk penambahan sepertinya belum ada rencana itu,” terangnya kepada Radar Depok, Rabu (27/01)

Novarita mengaku, memang untuk ruang ICU terbatas dan sudah penuh, tapi untuk ruang isolasi masih dapat mencukupi, sebab silih berganti ada penambahan, ada juga yang sembuh. “ICU sudah full di setiap rumah sakit di Kota Depok. Kalau ruang isolasi tersisa 10 persen. Tak heran jika terjadi penumpukan di IGD,” jelasnya.

Dalam menyambut vaksin tahap kedua, tidak ada yang jauh berbeda, seluruh tahapan mekanisme pada tahap pertama akan diterapkan. Seperti registrasi atau mendaftar, skring atau pemeriksaan, penentuan bisa atau tidak, lalu masuk ke dalam tahap vaksinasi. “Penerima masih sama, yaitu tenaga kesehatan. jumlahnya juga sama seperti yang sebelumnya. Begitu juga 10 pejabat yang di vaksin pertama kali, akan kembali di vakasin,” ujar Nova.

Sementara, tambahan kapasitas ruang isolasi pasien Covid-19 di rumah sakit tak sebanding dengan lonjakan kasus setiap harinya. Direktur RSUD Kota Depok, Devi Maryori mengungkapkan, setiap kali menambah kapasitas ruang isolasi terutama ICU, ruangan itu segera penuh kembali. “Pokoknya begitu ditambah, langsung habis tuh,” ujar Devi kepada Harian Radar Depok, Rabu (27/1).

Padahal, menambah kapasitas ruang isolasi Covid-19 tak semuda membalikkan telapak tangan. Banyak hal yang mesti dipersiapkan, mulai dari ketersediaan peralatan hingga jumlah dokter dan perawat. Namun, selama penambahan dipersiapkan, pasien sudah menumpuk di IGD rumah sakit. Rata-rata mereka yang menumpuk di IGD mengalami gejala mirip terpapar Covid-19. Baik bergejala sedang maupun berat, namun belum memiliki hasil tes PCR.

“Kita tumpuklah di IGD karena kita mau masukkan ke ruang mana kita juga bingung, kita harus masukkan ke ruangan kan yang sudah jelas. Kalau enggak kan campur-campur, ternyata dia Covid-19, atau bukan Covid-19,” jelas Devi.

Dia mengaku, masih terus berupaya menambah kapasitas untuk pasien Covid-19. Jumlah ruangan ICU Covid-19 dipersiapkan jadi 9 unit dari 6 unit saat ini. “Tempat tidur isolasi disiapkan hingga 145 unit pada Februari 2021,” jelasnya.

Hingga data diperbarui kemarin, Depok mencatat 4.826 warganya masih menjalani isolasi maupun dirawat di RS karena positif Covid-19. Jumlah kasus aktif ini merupakan yang tertinggi di Depok selama hampir 11 bulan pandemi berlangsung.

Perlu diketahui, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok merilis perkembangan kasus Covid-19 pada Rabu (27/1). Dalam catatan, pada hari ini kasus konfirmasi positif Covid-19 memecahkan rekor kasus harian, yakni mencapai 516 orang.

Dengan penambahan tersebut, jumlah total positif Covid-19 di Kota Depok sebanyak 25.701 jiwa. Selain itu juga terjadi penambahan korban meninggal positif Covid-19 yakni lima orang. Jumlah totalnya menjadi 558 jiwa meninggal positif Covid-19. Sedangkan kasus konfirmasi aktif sebanyak 4.884 orang atau 19,00 persen. Untuk suspek aktif sebanyak 916 orang atau 6,26 persen dan kontak erat aktif sebanyak 2.726 orang atau 8,79 persen.  Adapun pasien positif Covid-19 yang sembuh bertambah 449 orang. Total pasien positif Covid-19 yang sembuh menjadi 20.259 orang atau 78,83 persen dari total kasus konfirmasi positif.(rd/arn)

Fakta dan Data Ketersedian Kamar :

Ruang ICU :

  • Full

Ruang Isolasi :

  • Tersisa 10 persen

Rumah Sakit :

  • Se-Kota Depok

RSUD :

  • Ruang IGD menumpuk pasien korona
  • Ruang ICU penuh
  • Ruang ICU Covid-19 dipersiapkan jadi 9 unit dari 6
  • Tempat tidur isolasi disiapkan hingga 145 unit pada Februari 2021

Update Kasus Covid-19 Depok :

Tanggal :

  • Rabu, 27 Januari 2021

Positif :

  • 701 jiwa (+516)

Sembuh :

  • 259 jiwa (+449)

Meninggal :

  • 558 jiwa (+5)

Pasien Aktif :

  • 892 jiwa

Kontak Erat :

  • 726 jiwa

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Fahmi Akbar