ilustrasi RSUD Kota Depok
DITUNJUK : RSUD Kota Depok, Jalan Muchtar Raya, Kecamatan Sawangan. FOTO : DOK. RADAR DEPOK
ilustrasi RSUD Kota Depok
DITUNJUK : RSUD Kota Depok, Jalan Muchtar Raya, Kecamatan Sawangan. FOTO : DOK. RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemerintah Kota Depok terus berupaya meredam Virus Korona (Covid-19). Kenaikan drastis kasus terpapar positif, membuat kewalahan ruang isolasi dan ICU. Sejuah ini Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok sudah merangkul sepuluh rumah sakit (RS), untuk menyediakan ruang penambahan bagi pasien Covid-19.

“Iya ada RSUD, RSUI, dan beberapa rumah sakit swasta. Belum final berapa jumlahnya, dan juga kebutuhannya. Doakan besok (hari ini,) sudah kelihatan semuanya,” ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana kepada Radar Depok, Jumat (8/1).

Dia mengungkapkan, penambahan ruang dan lainnya, pasti akan berujung pada tenaga kesehatan yang juga harus ditambah. Karena nantinya setiap RS akan digunakan untuk Ruang Isolasi maupun Ruang Icu.

Dadang menegaskan, pihaknya juga sudah berkoordinasi untuk melakukan penambahan ruang dan lainnya, serta menanti langkah pemerintah daerah dengan adanya penambahan ruang untuk kebutuhan pasien.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan, kapasitas RS yang ada di Depok sudah mencapai 90 persen.

“Dari 24 RS Covid-19 di Depok, total rata-rata sudah mencapai 90%,” tuturnya.

Pihaknya sudah meminta RS untuk menambah minimal satu ICU, bagi pasien Covid-19. Karena melihat semakin banyaknya kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kemudian, menurut Novarita, langkah yang harus diambil kedepannya adalah berpikir ke arah pencegahan. Agar tidak semakin banyak lagi kasus positif Covid-19.

“Ibarat rumah bocor, kalau di pel saja tidak cukup. Harus dibenerin yang bocor. Begitu juga Covid-19. Yang dibenerin adalah pencegahannya,” ucapnya.

Pencegahan yang harus diperketat adalah seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan juga tidak keluar rumah apabila tidak penting.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Depok, Devi Maryori menjelas, sampai dengan Jumat (8/1) total pasien positif Covid-19 yang ada di RSUD Depok ada 95 pasien. “Kapasitas kami adalah 116 pasien. Itu artinya, sampai malam ini kapasitas sudah 95 persen,” tuturnya kepada Radar Depok, Jumat (8/1).