Sabtu, Maret 6, 2021
Beranda Metropolis Satu Hari Satu Ton, Satgas SDA Angkut Sampah Kali Baru

Satu Hari Satu Ton, Satgas SDA Angkut Sampah Kali Baru

0
Satu Hari Satu Ton, Satgas SDA Angkut Sampah Kali Baru
ARNET/RADARDEPOK BERSIHKAN SAMPAH : Petugas Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Depok saat berjibaku mengangkut tumpukan sampah di Kali Baru, di Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS), Kecamatan Cimanggis.
kalibaru dipenuhi sampah yang menumpuk di permukaan kali
BERSIHKAN SAMPAH : Petugas Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Depok saat berjibaku mengangkut tumpukan sampah di Kali Baru, di Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS), Kecamatan Cimanggis. FOTO : ARNET/RADARDEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Petugas Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok mengangkut satu ton sampah setiap hari di Kali Baru Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis. Terlebih saat memasuki musim penghujan.

Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Dadan Rustandi menyebutkan, sampah tersebut bukan hanya berasal dari warga sekitar, melainkan ada sampah kiriman dari kawasan Bogor. Apalagi beberapa waktu lalu terjadi banjir bandang, sehingga kemungkinan sampah terbawa ke wilayah Kota Depok.

“Tumpukan sampah sangat berpotensi terjadi banjir. Kami sudah kerahkan petugas ke lokasi, setiap hari hampir satu ton sampah diangkat dari Kali Baru,” ungkap Dadan kepada Radar Depok, Selasa (26/1).
Selain itu lanjut Dadan, sampah didominasi limbah rumah tangga, misalnya sterofoam. Ia menegaskan, pihaknya akan menurunkan alat berat untuk memaksimalkan pembersihan sampah di Kali Baru.

Kemudian sampah yang diangkut petugas akan langsung dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. Dadan memprediksi, pembersihan Kali Baru akan memakan waktu dua minggu.

“Untuk memaksimalkan pekerjaan ini, kami juga bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Depok. Hal itu juga untuk mempercepat pengangkutan sampah,” terangnya.

Terpisah, Koordinator Satgas Banjir Dinas PUPR Kota Depok, Saiman menjelaskan bahwa tumpukan sampah terjadi karena adanya penyempitan pada aliran sungai. Selain itu, adanya batang pohon yang melintang.

“Itu penyebab utamanya, petugas selalu rutin setiap hari angkut sampah yang ada, agar tidak terjadi banjir,” jelasnya.

Dirinya memang tidak menampik, penyebab utama penumpukan sampah terjadi karena prilaku membuang sampah sembarangan yang dilakukan warga sepanjang bantaran kali, mulai dari Bogor sampai Depok.

Saiman mengaku dalam sehari, sampah yang baru diangkut sebanyak 28 kubik. Untuk melakukan normalisasi Kali Baru dengan membersihkan sampah, dibutuhkan waktu selama 45 hari.

“Kami target dalam kegiatan ini maksimal kami usahakan dalam satu setengah bulan dikerjakan secara total,” tutup saiman. (rd/arn)

 

Tentang Pembersihan Sampah di Kali Baru

Sampah yang Diangkut:

Satu Ton Setiap Hari

Dominasi Sampah:

Berasal Dari Limbah Rumah Tangga

(misalnya sterofoam)

Pemaksimalan Pembersihan:

PUPR Akan Menurunkan Alat Berat

Proses Angkut:

Sampah Langsung Dikirim ke TPA Cipayung

Waktu Yang Dibutuhkan Pembersihan:

Sekitar Dua Minggu

Koordinasi Tim Satgas:

  • DPUPR
  • DLHK

Dugaan Tumpukan Sampah:

  • Perilaku Membuang Sampah yang Sembarangan
  • Adanya Penyempitan Aliran Sungai
  • Adanya Batang Pohon yang Melintang

Sampah Yang Baru Diangkut:

28 Kubik

 

 

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Agung HR