Beranda Utama Senin, 8 Orang Depok Siap Donor Darah Plasma Konvalesen

Senin, 8 Orang Depok Siap Donor Darah Plasma Konvalesen

0
Senin, 8 Orang Depok Siap Donor Darah Plasma Konvalesen
ILUSTRASI
donor plasma darah
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok sedang mempersiapkan adanya donor darah plasma konvalesen yang akan dilaksanakan perdana, pada Senin (25/01) di Kantor PMI Kota Depok.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok, Widya Astriyani mengatakan, untuk pelaksanaan donor darah plasma konvalesen, ada delapan penyintas yang siap.

“Untuk donor darah plasma konvalesen pada hari Senin, ada delapan orang yang sudah siap. Mereka tentunya sudah melakukan berbagai tahapan sebelumnya, agar layak,” tuturnya kepada Radar Depok, Minggu (24/01).

Lebih lanjut, para penyintas yang akan mentranfusi darah plasma konvalesennya sudah melalui berbagai tahapan yang cukup panjang dan ketat. Seperti pengecekan titer antibodi, pengecekan penyakit menular, DNA virus, hepatitis, skrining antobodi, dan lainnya.

“Karena pengambilan plasma dari penyintas virus Korona (Covid-19) tentunya berbeda dengan pengambilan darah pada umumnya, jadi prosesnya juga agak panjang,” ujarnya.

Dari delapan penyintas yang siap untuk mendonor berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Depok dan juga masyarakat biasa.

“Kami juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk sosialisasikan tentang donor darah plasma konvalesen. Kemudian juga kami gunakan Googleform, untuk masyarakat,” tutupnya. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor : Pebri Mulya