Beranda Utama Skema Pensiunan Akan Berubah, Pahami Dulu Apa Itu Fully Funded

Skema Pensiunan Akan Berubah, Pahami Dulu Apa Itu Fully Funded

0
Skema Pensiunan Akan Berubah, Pahami Dulu Apa Itu Fully Funded

pencairan pensiun

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Skema perubahan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari Pay As You Go menjadi Fully Funded sedang menunggu penyelesaian pembahasan Peraturan pemerintah (PP).

Perubahan skema pensiunan dilakukan bertujuan untuk memberikan uang pensiunan yang lebih besar kepada PNS saat habis masa kerjanya. Selain itu, skema terbaru ini juga akan mengurangi beban APBN.

Saat ini, readyviewed anggaran APBN untuk pembayaran pensiunan mencapai Rp 120 triliun. Pembayaran pensiunan ini setidaknya diberikan kepada pensiunan PNS, TNI, Polri yang jumlahnya sekitar ke 3,1 juta orang.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria, mengatakan, pembahasan skema pensiun Fully Funded masih bergulir pembahasanya di Kementerian Keuangan. Namun, akan segera selesai agar bisa diterapkan dalam waktu dekat.

“Perubahan pay as you go menjadi fully funded sekarang lagi dibahas yang mungkin ditetapkan,” katanya beberapa waktu lalu.

Bima menjelaskan, skema saat ini adalah pay as you go, pembayaran iuran PNS sangat kecil karena dari gaji, sehingga saat pension mendapatkan tunjangan hari tua sekaligus jumlahnya tidak mencukupi.

Sedangkan, Fully Funded uang pensiunan yang diterima PNS akan lebih besar. Sebab, iuran yang dikenakan adalah persentase dari take home pay (THP) yang jumlahnya lebih besar, sehingga uang pensiunan yang diterima jumlahnya lebih besar dari saat ini.

“Ke depan sistem ini diubah fully funded, PNS akan bayar iuran sebesar persentase dari THP, bukan gaji, sehingga uang pensiun akan mendapatkan besaran yang lebih baik dari sistem pay as you go,” katanya. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya