TBM kedaung masuk anggaran
PEDULI LITERASI : Pengurus TBM Kedaung berfoto bersama anak – anak yang gemar membaca. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
TBM kedaung masuk anggaran
PEDULI LITERASI : Pengurus TBM Kedaung berfoto bersama anak – anak yang gemar membaca. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, KEDAUNG Pemerintah Kota Depok, memberika bantuan anggaran kepada Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan, sebesar Rp8,5 juta. Bantuan ini disalurkan dalam anggaran tahun 2021, melalui DPAPMK dan Diskarpus.

Bantuan ini disalurkan melalui program Depok Kota Layak Anak dan RW Ramah Anak. Bantuan dana dapat digunakan untuk membangun sarana dan prasaran TBM, rak buku, alat permainan edukasi, hingga menambah koleksi buku.

Menurut Pengelola TBM Kedaung, Baldan Fathullah, terlaksananya bantuan ini merupakan dorongan dari Elly Farida, Bunda Literasi Kota Depok.

“Ketua TP PKK Kota Depok betul – betul memperhatikan kegiatan pegiat literasi di Depok,” kata Baldan, Senin (18/01).

Baldan mengungkapkan, syarat untuk mendapatkan bantuan tersebut, pengelola TBM harus mendapatkan Surat Keterangan dari kelurahan sebagai pengelola TBM. Serta harus mengajukan bantuan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) di tingkat kelurahan. “Alhamdulillah kami sudah legal dan berhak mendapat bantuan itu,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Forum TBM Depok, Ciptaji Syamsul Balad sangat mengapresiasi pelaksanaan bantuan tersebut. Dengan adanya bantuan tersebut diharapkan menjadi triger untuk lurah-lurah di kelurahan lain bisa melakukan hal yang sama, agar kegiatan literasi terus tumbuh dan berkembang. Menurutnya bantuan sebesar itu bagi TBM akan sangat bermanfaat.

“Jadi, hal ini bisa diinformasikan ke seluruh kelurahan lain agar semua bisa menerima bantuan tersebut. Jika pun di kelurahan atau desa tidak memiliki perpustakaan atau TBM, bantuan bisa disalurkan ke TBM mandiri yang dikelola oleh masyarakat,” pungkasnya. (rd/dra)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Pebri Mulya