omzet delman menurun
MENGURUS KUDA: Pemilik kuda saat memandikan kuda di halaman belakang rumahnya, Kamis (14/01). FOTO : PUTRI/RADAR DEPOK
omzet delman menurun
MENGURUS KUDA : Pemilik kuda saat memandikan kuda di halaman belakang rumahnya, Kamis (14/01). FOTO : PUTRI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dampak pandemi Covid-19 memang sangat berpengaruh bagi semua lapisan masyarakat. Tak terkecuali dengan kusir delman di Kota Depok.

Kusir delman sekaligus pemilik kuda, Maming mengatakan, pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap profesinya saat ini.

“Sudah hampir satu tahun pandemi melanda, kenyataannya sangat merugikan sekali bagi saya dan kusir delman lainnya,” tutur Maming kepada Radar Depok, Kamis (14/01).

Dia mengaku, pendapatan atau omzet yang didapat setiap harinya menurun drastis semenjak adanya pandemi Covid-19.

“Pendapatan menurun 75-80 persen sejak pandemi ini,” ujarnya.

Bahkan, dengan adanya aturan sekarang yang tidak memperbolehkan acara khitanan, itu berimbas kepada profesinya. Karena sebelum pandemi Covid-19, tak jarang setiap yang khitan atau ada acara pasti menyewa delmannya.

“Ya, kami sih maklum kalau memang tidak diperbolehkan. Karena kan mengundang kerumunan orang kalau ada pesta seperti itu,” sambungnya.

Di awal pandemi Covid-19 saat dia mencari nafkah, banyak petugas yang mengusirnya untuk tidak menarik penumpang. Jadi, sampai saat ini Maming biasanya hanya berkeliling di daerah dekat rumahnya. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan bagi semua penumpangnya.

“Kalau sekarang sih sudah mulai terbiasa. Paling penumpang yang naik dibiasakan saja pakai masker dan jaga jarak,” lanjutnya.

Menurutnya, dia tetap harus menarik delman, karena memiliki tanggungjawab untuk merawat kuda-kudanya.

“Kebetulan saya punya dua. Jadi, harus tetap ada biaya untuk merawat dan memberi makannya,” ungkapnya.

Harga pakan yang tidaklah murah, mengharuskannya bertahan menjadi kusir delman. Untuk tambahannya, dia biasa mencari rumput sendiri buat kudanya. Dia berharap, pandemi Covid-19 bisa segera berakhir.

“Tentunya semua juga mau pandemi ini cepat berakhir. Dan kehidupan kembali normal begitu juga dengan ekonomi,” pungkasnya.(rd/dis)

 

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Pebri Mulya