Komunitas Subuhan
MENDENGARKAN TAUSYIAH: Anggota Bikers Subuhan sedang mendengarkan tausyiah, usai melaksanakan salat Subuh berjamaah. FOTO: IST FOR RADAR DEPOK
Komunitas Subuhan
MENDENGARKAN TAUSYIAH: Anggota Bikers Subuhan sedang mendengarkan tausyiah, usai melaksanakan salat Subuh berjamaah. FOTO: IST FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, Banyak hal yang menjadi kegiatan rutin komunitas Bikers Subuhan. Salah satu giat yang tak pernah ketinggalan yaitu Salat Subuh Berjamaah. Inilah yang menjadi ciri khas, bahkan yang membedakan komunitas tersebut dengan komunitas motor lainnya.

Laporan: Indra Abertnego Siregar

Tepat pukul 12.00 wib, terik matahari siang itu cukup menyengat badan. Koordinator Bikers Subuhan, Budi Santoso tampaknya mulai merasakan dahaga. Ia pun memesan dua botol minuman segar dari pedagang di sekitar halte Balaikota Depok. Dengan sigap dia membuka penutup botol dan meminumnya secara perlahan.

“Cuaca lagi gak nentu, kadang panas kaya gini, kadang juga ujan. Yang kaya gini nih cuaca yang bikin sakit,” tutur Budi.

Setelah menutup botol minumnya, dia terdiam sejenak. Budi mengambil telepon genggam dari sakunya. Nampak dia sedang berkirim pesan dengan seseorang. Tak lama kemudian, dia kembali bercerita. Ia mengatakan, komunitas Bikers Subuhan mempunyai rutinitas yang tidak biasa. Dikala klub motor lain rutin melakukan touring ke berbagai daerah, mereka hanya touring di Kota Depok saja, tapi tujuan tempat touring mereka hanya satu, yaitu masjid.

“Komunitas kami setiap minggu motoran ke masjid-masjid di Depok untuk melaksanakan salat subuh berjamaah,” terang Budi.

Agenda wajib yang mereka, yaitu melakukan salat Subuh pada setiap minggu pertama di Masjid Ibbadurrahman, Sawangan. Alasannya, di masjid tersebutlah awal mula komunitas ini terbentuk.

“Setiap minggu pertama kami wajib melakukan salat Subuh di sana, karena itu tempat awalnya terbentuk komunitas ini di Depok,” bebernya.

Budi mengaku, salat Subuh merupakan nafas dari komunitas Bikers Subuhan. Sehingga wajar jika dalam melakukan aktivitasnya, mereka mewajibkan semua anggotanya salat Subuh berjamaah. “Kami mau menjadikan komunitas ini sebagai salah satu ladang ibadah, ” imbuhnya.  (bersambung)