Beranda Utama 10 Juta Vaksin Tahap 4 Tiba, Lalu Siapa yang Divaksin Duluan?

10 Juta Vaksin Tahap 4 Tiba, Lalu Siapa yang Divaksin Duluan?

0
10 Juta Vaksin Tahap 4 Tiba, Lalu Siapa yang Divaksin Duluan?
Kedatangan vaksin tahap keempat, Bandara Internasional Soekarno Hatta, 2 Februari 2021.
vaksin tahap 4
Kedatangan vaksin tahap keempat, Bandara Internasional Soekarno Hatta, 2 Februari 2021.

 

RADARDEPOK.COM, TANGERANG – 10 juta bulk vaksin resmi datang ke Indonesia, Selasa (2/2).

Juru Bicara Program Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, 10 juta dosis tersebut akan langsung disuntikkan kepada tenaga kesehatan (nakes) dan pelayan publik.

“10 juta vaksin ditambah 1 juta vaksin untuk overfill dalam bentuk setengah jadi. Kedatangan vaksin ini merupakan berita baik dan wajib kita syukuri, karena ini berikan jaminan untuk menjalankan vaksinasi yang sangat penting membawa kita keluar dari pandemi virus Korona (Covid-19),” kata Nadia.

Ia menambahkan, antusiasme tenaga kesehatan cukup baik dalam mendukung vaksinasi. Dimana, sampai saat ini lebih dari 500.000 nakes di Indonesia telah divaksinasi.

“Kami optimistis 1,5 juta vaksinasi nakes akan selesai di akhir Februari 2021. Kemudian 10 juta ini akan digunakan untuk vaksinasi tahap kedua bagi petugas pelayanan publik,” kata Nadia.

Vaksinasi nantinya akan memberikan perlindungan kepada 17,4 juta petugas pelayan publik, yakni PNS yang bertugas di daerah terpapar.

“Jadi selanjutnya, 1,5 juta nakes dan 17,4 petugas pelayanan publik yang merupakan bagian 181,5 juta penduduk yang menjadi sasaran vaksinasi dalam rangka membentuk kekebalan kelompok Covid-19. Maka anggota masyarakat yang tidak bisa menerima vaksin karena keterbatasan kondisi kesehatannya akan terlindungi. Untuk menuju herd immunity, protokol kesehatan mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, hindari kerumunan dan membatasi mobilitas terus diaplikasikan,” katanya. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya