uji kompetensi menjahit
KEMAMPUAN : Kursus Menjahit Melati mengadakan Uji Kompetensi Tata Busana Level 3 dari tanggal 15 - 17 Februari 2021. FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kursus Menjahit Melati mengadakan Uji Kompetensi Tata Busana Level 3. Dalam kegiatan yang diadakan dari 15 – 17 Februari 2021 tersebut, diikuti 10 peserta yang berasal dari kawasan Kota Depok dan Bogor.

Pimpinan Kursus Menjahit Melati, Efril Fouriadina mengatakan, dalam Uji Kompetensi tersebut, para peserta membuat busana yang akan dikenakan oleh model yang dibawa oleh peserta. Busana yang dibuat bertemakan busana kerja.

“Pengujinya berasal dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK),” ucapnya kepada Radar Depok.

Efril menuturkan, peserta diberikan kesempatan untuk membuat busana tersebut selama tiga hari dengan total waktunya adalah 20 jam. Jadi, mereka mengukur busana tersebut sesuai dengan model yang mereka bawa, dan busana tersebut akan diperagakan setelah jadi.

“Tema busana kerjanya, diberikan saat awal pertemuan. Jadi, temanya secara dadakan. Selama tiga hari mereka mengukur, membuat pola dasar, merancang bahan, membuat pola besar, lalu menjahitnya,” terangnya.

Sementara itu, Penguji dari LSK, Tuminah mengatakan, ada 10 jenis praktik yang menjadi penilaian dalam Uji Kompetensi Tata Busana Level 3. Dari setiap 10 jenis praktik tersebut, tidak boleh ada yang nilainya kurang dari 2, dimana nilai tertingginya adalah 4. Jika ada yang kurang dari 2, maka dinyatakan tidak lulus.

“Bagi yang lulus mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan untuk terjun ke dunia kerja. Karena, sertifikat tersebut diakui kalau orang yang memilikinya berkompeten,” jelasnya. (rd)

 

10 Jenis Praktik Uji Kompetensi Level 3

  1. Membaca sketsa mode/faham gambar
  2. Melakukan komunikasi di tempat kerja
  3. Mengukur tubuh
  4. Merencanakan kebutuhan bahan pakaian
  5. Membuat pola pakaian di atas kertas
  6. Meletakan pola diatas bahan
  7. Memotong bahan sesuai pola
  8. Memindahkan garis-garis pola pada bahan
  9. Mengoperasikan berbagai jenis mesin jahit
  10. Menunjukan mutu dan kualitas hasil kerja

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya