Beranda Metropolis 139 Warga Binaan Diberi Siraman Rohani

139 Warga Binaan Diberi Siraman Rohani

0
139 Warga Binaan Diberi Siraman Rohani
TEGUHKAN IMAN: Ustad Turaihan saat memimpin Siraman Rohani yang disaksikan 139 Warga Binaan Pemasyarakata (WBP) di Masjid Baiturrahman lingkungan Rutan Kelas I Depok, Kelurahan Cilodong, Kecamatan Cilodong. FOTO: ARNET/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dalam menjaga iman diri Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rutan Kelas I Depok menggelar siraman rohani di Masjid Baiturrahman yang berada di lingkungan Rutan. Selama menjalani kegiatan keagamaan, protokol kesehatan tetap menjadi prioritas utama.

Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I Depok, Mahardi Kusumah mengatakan bahwa siraman rohani yang dilakukan sebagai bentuk konkret petugas dalam memperbaiki iman dan akhlak warga binaan, agar keluar Rutan dapat menjalani aktivtasnya lebih baik.

“Insha Allah pribadi warga binaan semakin baik, karena disini kita latih, berdayakan, sehingga menjadi pribadi yang bermanfaat untuk dirinya dan keluarga,” katanya, Selasa (23/2).

Ditegaskannya, protokol kesehatan dengan ketat dijalankan selama acara berlangsung, seperti penceramah yang rapid antibody, cek suhu, sterilisasi, tempat cuci tangan, serta mewajibkan setia memakai masker. Hal ini diwajibkan bagi seluruh siapapun yang hadir.

“Penceramah juga menyampaikan bahwa pentingnya menjaga kesehatan dan pentingnya disiplin dalam protokol kesehatan, jadi ceramah sekaligius edukasi kesehatan,” ungkap Mahardi.

Penceramah Ustad Turaihan, yang merupakan tenaga pengajar di Pondok Pesantren Sains Alquran Cilodong. Hal ini sebagai bentuk kerjasama Rutan dengan tokoh agama sekitar untuk dapat memberikan nilai kehidupan dan keagamaan kepada warga binaan. Merdunya lantunan musik hadroh yang membawakan Maulid Simtudduror mampu menghangatkan rohani para WBP.

Materi kajian yang menyentuh dengan nuansa khidmat yang disampaikan oleh penceramah membuat hamba Allah yang hadir begitu antusias mengikuti kegiatan ta’lim.

Ustad Turaihan mengajak kepada seluruh warga binaan untuk melakukan perubahan yang dimulai dari diri sendiri menjadi pribadi yang lebih baik. Linangan air mata bercucuran membasahi wajah WBP saat memanjatkan doa dan memohon ampunan kepada Sang Khaliq.

Kegiatan siraman rohani memberikan kesan positif bagi jamaah WBP untuk semakin giat melakukan kebaikan dan perubahan. Salah satu warga binaan, Hambali menuturkan bahwa kegiatan rutin yang dilakukabn Rutan sangat membantunya dalam menguatkan diri untuk memperbaiki diri untuk keluarga.

“Rangkaian kegiatan ta’lim memberikan penguatan, keteguhan terhadap iman kami yang turun naik. Serta memberikan warna baru dan menumbuhkan semangat juang kami semua, untuk berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya,” tambah Hambali.

Acara ini merupakan salah satu program pembinaan kerohanian, tentunya dengan harapan membawa perubahan signifikan bagi seluruh warga binaan, karena ini menjadi salah satu bagian dari Rutan untuk memperbaiki warga binaan. (rd/arn)

 

Jurnalis: Arnet Kelmanutu

Editor: M. Agung HR