Beranda Metropolis 2021, Diskominfo Tambah 320 Titik Wifi

2021, Diskominfo Tambah 320 Titik Wifi

0
2021, Diskominfo Tambah 320 Titik Wifi
FOKUS : Anak-anak di RW6 Sukatani, tengah mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dengan memanfaatkan wifi gratis dari Pemerintah Kota Depok. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok berencana menambah pemasangan wifi gratis untuk masyarakat. 2021, ada sebanyak 320 titik yang akan dipasang.

Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono mengatakan, sampai dengan akhir 2020, pihaknya sudah memasang sekitar 1.200 titik wifi untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PPJJ).

Nah, kami akan menambah wifi untuk PJJ di 300 titik lagi,” tuturnya kepada Radar Depok, Jumat (19/2).

Lebih lanjut, Sidik menjelaskan 300 titik wifi yang akan dipasang pada tahun ini adalah sisa dari pemasangan titik wifi di 2020. Titik-titik yang belum terpasang biasanya adalah RW atau lingkungan rumahnya yang belum ada infrastrukturnya.

Jadi yang tahun lalu belum, akan disiapkan oleh pihak penyedia. Kemudian tidak semua RW membutuhkan atau mengajukan pemasangan, seperti perumahan elit. Itu akan dialihkan kepada titik yang lebih membutuhkan,” jelasnya.

Perlu diketahui, wifi PJJ sebenarnya hanya berlangsung sampai dengan Juli. Maka dari itu, diskominfo akan mempercepat pemasangangannya. Kalau dari aturan memang wifi PJJ hanya sampai Juli. Namun, kalau memang perintah Walikota terpilih untuk dilanjutkan, bisa jadi terus. Kami sedang menyegerakan,” sambungnya.

Lebih lanjut, selain penambahan wifi PJJ, diskominfo juga akan melakukan penambahan wifi di titik area publik. Ada 20 titik.

Biasanya, setiap tahun wifi area publik akan ditambah sebanyak 50 titik. Namun karena sedang pandemi Covid-19 dan dana di recofusing, maka hanya ada penambahan 20 titik saja. “Sama seperti tahun kemarin (2020) kami juga hanya menambah di 20 titik,” tambah Sidik.

Area publik yang dipasang wifi, meliputi unit layanan Perangkat Daerah (PD), lapangan olahraga, masjid, taman kelurahan, polres/polsek/pospol, kodim/koramil, PWI, posyandu, balai wartawan, dan lain-lain.

Total wifi yang terpasang di area publik ada sekitar 100-an titik. Namun untuk sekarang ini, wifi yang ada di taman-taman, sementara di non-aktifkan. Ditakutkan malah menjadi tempat berkumpul.

Sekarang Depok masih zona oranye. Jadi sementara di non-aktifkan. Karena kalau dinyalakan nanti warga banyak yang memanfaatkan dan malah berkumpul,” pungkasnya. (rd/dis)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Junior Williandro