Beranda Ekbis dan Hiburan 6 Cara Mendapatkan Ide Cemerlang Saat Pikiran Buntu

6 Cara Mendapatkan Ide Cemerlang Saat Pikiran Buntu

0
6 Cara Mendapatkan Ide Cemerlang Saat Pikiran Buntu

RADARDEPOK.COM – Karya yang menarik biasanya berasal dari ide-ide cemerlang. Namun, tak bisa dimungkiri banyak hal bisa menghambat kita untuk terus ide tersebut sampai membuat stres.

Sebenarnya banyak cara yang umum dilakukan beberapa orang untuk mendapatkan inspirasi. Misalnya duduk di ruang hening dan tenang. Tetapi banyak orang juga mendapatkan inspirasi yang unik, seperti dengan jalan-jalan dengan kendaraan tanpa tujuan.

Berikut hal yang bisa membantu Anda mendapatkan ide cemerlang saat pikiran buntu.

1. Nonton film

Nonton film juga salah satu cara mendapatkan inspirasi yang cukup sering dilakukan. Saat menonton film kita dapat menemukan inspirasi sesuai dengan yang ingin dibuat. Hingga kemudian, dapat kita terapkan pada pekerjaan atau karya yang akan kita buat.

Apalagi, berbagai genre film yang tersedia bisa disesuaikan dengan kebutuhan, juga bisa didapatkan dengan streaming film dari internet.

2. Jalan-jalan ke suatu tempat

Jalan-jalan ke suatu tempat yang sangat beragam, seperti tempat wisata hingga pusat keramaian, atau bahkan bisa juga seperti puncak gunung bisa memberikan banyak inspirasi untuk tetap berkreasi. Bahkan, pergi ke alam bebas sambil mendengarkan suara alam, membuat batin kita lebih tenang

Tapi, aktivitas padat kerap kali membuat penat. Alhasil bisa menjadi penyebab sulitnya mendapatkan inspirasi. Sebab di dalam pikiran hanya ada tumpukan pekerjaan, kemacetan, serta rutinitas yang monoton.

Tapi jika memang cara mendapatkan inspirasi ini kurang berhasil atau terlalu sulit dilakukan (karena butuh waktu luang lebih banyak), maka tidak ada salahnya mencoba cara mendapatkan inspirasi berikutnya.

3. Mendengar musik

Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu cara mendapatkan inspirasi yang efektif. Terutama jika profesi yang dijalankan adalah sebagai musisi. Sebab, beragam referensi musik dari musisi lain, juga bisa memberi inspirasi bagi karya yang akan dibuat.

Selain mudah, saat ini sudah banyak kanal musik online yang bisa jadi sumber mendengar musik tanpa perlu diunduh, seperti Spotify, Joox, Apple Music, Youtube Music, dan lain sebagainya. Sehingga, kita akan dengan mudahnya menemukan inspirasi kapanpun dan dimanapun.

4. Menjelajahi Internet

Ternyata, cara mendapatkan inspirasi ini cukup banyak dilakukan, salah satunya dengan menjelajahi internet. Hal ini membuat seseorang bisa dengan mudah mencari berbagai sumber inspirasi yang sangat berguna.

Salah satu keuntungannya yaitu tidak perlu pergi ke suatu tempat untuk bisa mendapatkan sumber inspirasi. Banyak konten yang disajikan di internet juga sangat beragam, mulai dari gambar, tulisan, video, bahkan aplikasi.

Sehingga, kita lebih memudahkan untuk menemukan ide-ide segar karena perputaran informasi di Internet sangat cepat, sehingga akan lebih mudah mendapatkan informasi yang sedang viral dan bisa jadi kunci dalam melahirkan karya-karya besar.

5. Diskusi dengan teman

Berdiskusi dengan teman atau orang yang dianggap memiliki pola pikir berbeda dapat membuat kita terinspirasi. Cara berpikir yang berbeda bisa menimbulkan konflik positif dan menjadi pembanding antara ide yang dimiliki dengan ide dari sudut pandang orang lain.

Cara ini perlu kehati-hatian, sebab banyak yang gagal mendapatkan inspirasi karena ada beda pendapat dan memegang teguh opini masing-masing. Hal ini mungkin sering terjadi pada orang-orang yang tergabung dalam komunitas atau kelompok kreatif, seperti band.

Ingatlah, banyak kepala tidak selalu memudahkan sebuah pekerjaan. Maka, perlu diskusi dengan dewasa dan fokus dengan tujuan bersama. Semoga beragam cara mendapatkan inspirasi di atas bisa membantu.

6. Mandi berendam atau dengan shower

Cara lainnya adalah berendam atau mungkin mandi menggunakan shower. Hal ini dapat membuat rileks. Kondisi tubuh yang rileks akan membuat pikiran lebih jernih dan mudah memunculkan beragam inspirasi.

Ketika mandi, suhu badan dan otak akan turun, dan sirkulasi darah ke otak pun lancar kembali. Saat itulah kita mulai banyak berpikir, hingga akhirnya inspirasi-inspirasi masuk. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya