LPBI NU Depok
DISAHKAN: Kepengurusan Lembaga Penanggulangan Bencana Indonesia Nahdlatul Ulama dan Perubahan Iklim yang disingkat LPBI NU Kota Depok, dikukuhkan. FOTO: FAHMI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kepengurusan Lembaga Penanggulangan Bencana Indonesia Nahdlatul Ulama dan Perubahan Iklim yang disingkat LPBI NU Kota Depok, punya pengurus baru. Sabtu (20/2), selama 2021-2026 pengurus anyar tersebut akan merespon bencana yang mulai melanda Indonesia khususnya Kota Depok. Pungukuhan yang dihelat di Pondok Pesantren Nahdlatun Nur Kelurahan Meruyung Kecamatan Limo, Kota Depok ini dihadirti para kyai-kyai NU, Pengurus PCNU Kota Depok beserta pengurus lembaga NU lainnya.

Ketua PC LPBI NU Kota Depok, Ade Hukmawan mengatakan, LPBI NU merupakan lembaga yang secara struktural-organisatoris pelaksana kebijakan dan program Nahdlatul Ulama, di bidang penanggulangan bencana, perubahan iklim, dan pelestarian lingkungan.  Pembentukan LPBI NU disepakati pada Muktamar NU ke-32 di Makassar tahun 2010.

Semangat ini kemudian dikukuhkan dan ditetapkan dalam rapat pleno harian PBNU untuk membentuk LPBI NU. Setelah Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama di Jombang tahun 2015 dibentuk kepengurusan baru PP LPBI NU berdasarkan SK No. 19/A.II.04/09/2015.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya. Untuk menjalankan mandat yang telah ditetapkan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Ulama Kota Depok, Pengurus Cabang LPBI NU Kota Depok akan memiliki pembidangan dalam struktur,” jelasnya kepada Harian Radar Depok, Minggu (21/2).

Kang Ahuk –sapaan Ade Hikmawan- menjelaskan, Visi LPBI NU ingin Terwujudnya masyarakat yang memiliki ketahanan dan adaptif terhadap bencana, menurunnya daya dukung lingkungan dan perubahan iklim. Sementara Misinya, meningkatkan kapasitas multi stakeholder melalui penguatan simpul basis, meningkatkan jejaring dan kerjasama guna mewujudkan organisasi yang kredibel dan profesional, mendorong penyebarluasan informasi dan pengetahuan terkait pengurangan risiko bencana, adaptasi perubahan iklim, dan pelestarian lingkungan, dan meningkatkan kapasitas emergency response yang berkualitas.

Harapan dari pengukuhan kepengurusan ini, lanjut dia, semoga LPBI NU Kota Depok dapat lebih memberikan manfaat, untuk lingkungan khususnya di wilayah Kota Depok. Dan dapat memberikan edukasi serta advokasi kepada masyarakat di bidang penangulan bencana dan perubahan Iklim di Kota Depok.

Saat pengukuhan, sekaligus menyambut peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2021. Dengan harapan kesadaran masyarakat bahwa masalah sampah merupakan masalah bangsa yang harus dihadapi bersama-sama. (rd/hmi)

Struktur Kepengurusan:

  1. Riset & Pengembangan
  2. Kelembagaan & Advokasi
  3. Kebijakan

Pengelolaan Risiko Bencana

  1. Tanggap Darurat & Rehabilitasi-Rekonstruksi Bencana
  2. Knowledge Management & Networking
  3. Pengendalian Perubahan Iklim dan Pelestarian Lingkungan.

 

Jurnalis: Fahmi Akbar

Editor: M. Agung HR