Beranda Satelit Depok Aksi TKSK Bojongsari Pantau Penyaluran Bansos : Lakukan Survey untuk Memastikan Bansos Tersalurkan

Aksi TKSK Bojongsari Pantau Penyaluran Bansos : Lakukan Survey untuk Memastikan Bansos Tersalurkan

0
Aksi TKSK Bojongsari Pantau Penyaluran Bansos : Lakukan Survey untuk Memastikan Bansos Tersalurkan
SURVEY : TKSK Bojongsari, Acep Jarkasih sedang melakukan survey kepada seorang KPM penerima Bansos di Bojongsari. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK)Bojongsari, bergerak cepat untuk memastikan bantuan sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial sampai ke tangan penerima atau keluarga penerima manfaat (KPM).

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM, Sebuah motor matic maxi tampak melaju menerobos genangan air yang menghinggapi sebuah jalan setapak di wilayah RT03/03 Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari.

Meski jalanan masih basah akibat hujan yang mengguyur wilayah tersebut, motor yang dikenadari TKSK Bojongsari, Acep Jarkasih itu tetap meluncur untuk menyambangi KPM yang ada di wilayah Kecamatan Bojongsari.

Dengan mengucap Assalamualaikum, Acep Jarkasih menyapa seorang KPM yang sudah tua dan renta. Maksud kedatangannya ke sana, untuk mengecek apakah KPM tersebut sudah mendapat Bansos dari Kementerian Sosial.

Jarkasih mengatakan, dia sedang melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) bantuan langsung tunai (BLT) Rp300 ribu yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia. “Saya sedang menannyakan apakah bapak ini sudah terima bantuan apa belum, dan apakah bantuannya sesuai atau ada pemotongan,”ucap Jarkasih, disela-sela Monev.

Kegiatan ini dilakukan berdasarkan instruksi langsung kementerian agar tidak terjadi lagi penyalahgunaan BLT, seperti yang terjadi belum lama ini.

“Belum lama ini kan sempat kejadian ada bantuan yang dipotong, maka dari itu kami ingin memastikan jika bantuan untuk warga kami bisa sampai ke tangan penerima secara utuh,” terangnya.

Monev itu dilakukan dengan aplikasi Siksroid sehingga memudahkan melakukan survey kepada KPM di Bojongsari yang mencapai 10.492 penerima. “Saya surveynya dengan menggunakan sebanyak  5 persen KPM di Bojongsari, hasilnya tidak ada potongan dan bantuan sampai dengan utuh ke KPM,” pungkasnya. (*)

Editor : Junior Williandro