Beranda Ekbis dan Hiburan Bank Mana yang Pertama Kali Punya Mesin ATM di Indonesia

Bank Mana yang Pertama Kali Punya Mesin ATM di Indonesia

0
Bank Mana yang Pertama Kali Punya Mesin ATM di Indonesia
ILUSTRASI

RADARDEPOK.COM – Mesin ATM menjadi solusi untuk masyarakat yang tidak mau repot pergi ke bank jika ingin tarik tunai. Setiap tanggal gajian, banyak nasabah yang memanfaatkan mesin ATM untuk bertransaksi.

Sekarang ini, semua bank umum dan juga bank syariah di Indonesia sudah memiliki mesin ATM untuk memberikan pelayanan maksimal untuk nasabah dalam bertransaksi.

Lalu, bank apakah yang pertamakali memiliki mesin ATM di Indonesia? Ternyata adalah Bank Niaga.

Berdasarkan penjelasan Direktur PT Bank CIMB Niaga Tbk Lani Darmawan, mesin ATM yang pertama di Indonesia diperkenalkan oleh Bank Niaga.

“Saat itu tahun 1987 dan Bank Niaga pertama kali menempatkan mesin ATM di kantor pusat operasional Bank Niaga, Jalan Gajah Mada, DKI Jakarta,” katanya.

Dia menyebutkan, kala itu mesin ATM pertama kali diperkenalkan dan dikembangkan lantaran tingginya kebutuhan masyarakat untuk bertransaksi selain di kantor cabang Bank.

“Saat itu Bank Niaga sudah mulai menerapkan sistem perbankan online. Pecahan yang ada di mesin ATM pertama itu adalah Rp 10.000,” ujarnya.

Menurut Lani, namun saat itu masyarakat masih takut dan khawatir menggunakan mesin ATM yang dikeluarkan oleh Bank Niaga. Masih banyak keraguan untuk bertransaksi di mesin tersebut.

Akan tetapi dengan melakukan edukasi baik ke internal staf Bank Niaga dan nasabah. Lambat laun muncul kepercayaan dalam menggunakan mesin ATM sebagai alternatif melakukan transaksi perbankan.

Lani mengungkapkan saat ini CIMB Niaga telah memiliki 4.316 mesin ATM, 133 mesin setor tunai dan 801 mesin Tarik Setor Tunai. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya