Selasa, Maret 9, 2021
Beranda Utama Besok, Kota Bogor Berlakukan Ganjil Genap Kendaraan

Besok, Kota Bogor Berlakukan Ganjil Genap Kendaraan

0
Besok, Kota Bogor Berlakukan Ganjil Genap Kendaraan
ILUSTRASI

RADARDEPOK.COM, BOGOR – Ditetapkannya Kota Bogor menjadi zona merah atau wilayah dengan resiko tinggi penularan virus Korona (Covid-19) oleh Satgas Covid-19 pusat sejak awal pekan, Pemkor Bogor langsung membuat kebijakan baru yang salah satunya adalah memberlakukan ganjil genap bagi kendaraan di Kota Bogor selama 14 hari kedepan.

Menjadi catatan, kasus positif Covid-19 di Kota Bogor juga terus meningkat dengan rata-rata tambahan kasus di atas angka 100 per Hari.

Walikota Bogor, Bima Arya mengatakan, salah satu penyebab terjadinya lonjakan kasus positif di wilayahnya karena mobilitas warga yang semakin tidak terkendali. Oleh karena itu, Pemkot Bogor bersama Kepolisian dan TNi sepakat untuk memberlakukan sistem ganjil genap yang berlaku selama 3 hari di akhir pekan, yakni Hari Jum’at, Sabtu dan Minggu selama 24 jam.

“Penyebab lonjakan kasus positif Covid-19 adalah mobilitas warga yang semakin tidak terkendali, warga semakin abai, warga semakin cuek seolah-olah kondisi dan situasinya biasa. Kita melihat bahwa ancaman terbesar adalah ketika warga menganggap Covid-19 sebagai flu biasa. Ini bukan flu biasa,” kata Bima Arya.

Bima menyebut, sosialisasi akan dilakukan dari Kamis (4/2) dan hari ini (Jumat, 5/2). Sehingga aturan ganjil genap akan diberlakukan mulai Sabtu (6/2).

“Jadi di seluruh wilayah Kota Bogor akan diberlakukan ganjil genap. Jadi hanya mobil yang nomor belakang di plat nomornya ganjil maka diperbolehkan melintas di Kota Bogor pada tanggal ganjil, jika ujung nomornya genap maka di tanggal genap. Jadi hari Sabtu itu tanggal genap, maka mobil yang nomor platnya ganjil maka tidak diperbolehkan masuk Kota Bogor dan akan diputarbalikan. Konsentrasi pengawasan yang luar biasa akan kira akan mengerahkan Satpol PP, polisi dan TNi untuk memaksimalkan kebijakan ini,” beber Bima menambahkan.

Kapolresta Bogor, Kombes Susatyo Condro Purnomo mengaku mendukung kebijakan pemeberlakuan ganjil genap tersebut. Menurutnya, pihaknya akan memonitor dan akan menentukan lebih lanjut titik-titik check point.