Sekretaris DPD Partai Gerindra, Jabar, Abdul Harris Bobihoe, FOTO: Ist

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Anggota Komisi III DPRD Jawa Barat, Abdul Harris Bobihoe meminta pemerintah daerah untuk membangun komunikasi dengan pemerintah pusat maupun provinsi untuk pembiayaan pembangunan.

“Pemerintah daerah dituntut membangun komunikasi yang baik dengan pusat dan provinsi untuk membangun wilayah mereka,” tutur Harris.

Sebab, sambung Harris, dengan hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tidak akan cukup untuk membiayai seluruh usulan pembangunan yang datang dari lingkungan.

“Harus melakukan komunikasi dan lobi-lobi anggaran,” paparnya.

Harris mengatakan, banyak pos anggaran dari kementerian maupun pemerintah provinsi yang dapat digulirkan untuk membantu pembangunan daerah. Karenanya, dia meminta kepala daerah untuk jeli melihat potensi-potensi tersebut.

“Jika sesuai regulasi dan tidak bertentangan dengan undang-undang serta hukum. Saya rasa, sah-sah saja, mengusulkan program atau pembiayaan pembangunan daerah mereka,” tegasnya.

Kendati demikian, Harris berpesan agar pemerintah daerah juga dapat membangun komunikasi dengan sektor swasta. Sebab, untuk percepatan pembangunan daerah, tidak hanya mengandalkan anggaran dari pemerintah.

“Seperti yang saya ucapkan tadi, asal sesuai regulasi dan tidak berbenturan dengan hukum, ya silahkan saja mencari potensi yang dapat memajukan pembangunan daerah,” ucap Harris. (cky)

Editor/Jurnalis : Ricky Juliansyah