peci abdul haris
Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat, Abdul Harris Bobihoe

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Anggota Komisi III DPRD Jawa Barat, Abdul Harris Bobihoe mengajak seluruh pemilik kendaraan bermotor untuk taat akan kewajibannya membayar pajak kendaraan tiap tahunnya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Menurut Harris, pajak yang dibayarkan nantinya akan dikembalikan lagi dalam bentuk pembangunan. Sehingga, dia meminta agar pemilik kendaraan dapat menunaikan kewajibannya.

“Bisa beli motornya, ya harus bisa bayar pajaknya,” tutur Harris kepada Radar Depok.

Sebab, sambung Harris yang juga Sekretaris DPD Partai Gerindra Jawa Barat ini, berdasarkan data dari Bank Indonesia (BI) Jawa Barat serapan PAD Jawa Barat triwulan 3/2020 sebesar Rp12,2 triliun. Jumlah PAD sebesar itu menunjukkan ada perbaikan ekonomi, sebab mayoritas berasal dari pajak kendaraan bermotor.

Diketahui, sampai dengan triwulan III 2020, realisasi PAD Pemerintah Provinsi Jawa Barat tercatat Rp12,22 triliun atau 62,18 persen. Angka itu masih lebih rendah dibanding triwulan III 2019 sebesar Rp14,14 triliun atau 73,06 persen.  Berdasarkan pangsanya, realisasi PAD Jawa Barat masih didominasi oleh pajak daerah (93,53 persen) dan lain-lain pendapatan daerah sebesar 3,53 persen. (cky)

 

Editor/Jurnalis : Ricky Juliansyah