Selasa, Maret 2, 2021
Beranda Politika Harris Bobihoe : Lawan Covid-19 dengan 5M dan 3T

Harris Bobihoe : Lawan Covid-19 dengan 5M dan 3T

0
Harris Bobihoe : Lawan Covid-19 dengan 5M dan 3T
EMPAT PILAR : Anggota DPRD Jabar Fraksi Gerindra, Abdul Harris Bobihoe saat sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kecamatan Tapos, Depok. FOTO RICKY/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan membuat segala sektor terdampak. Saat ini, kunci melawan Virus Korona, yakni disiplin menerapkan 5M (mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilisasi serta interaksi) dan 3T (testing, tracing, treatment).

Hal tersebut diungkapkan Anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) Fraksi Gerindra, Abdul Harris Bobihoe saat dijumpai awak Radar Depok saat melakukan kunjungan ke Kota Depok baru-baru ini.

“Hemat saya, untuk melawan Covid-19 adalah disiplin menerapkan 5M, yakn mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilisasi serta interaksi,” kata Harris.

Sementara, lanjut Harris yang juga Sekretaris DPD Partai Gerindra Jabar tersebut, pemerintah tetap fokus pada kebijakan-kebijakan penanggulangan Covid-19, seperti melaksanakan 3T (testing, tracing, treatment) dan program vaksinasi.

“Memang tidak mudah, bayangkan pandemi ini sudah berlangsung sejak awal Maret 2020 dan hingga saat ini belum ada tanda-tanda grafik penurunan yang signifikan,” ujar Harris.

Sehingga, Wakil rakyat daerah pemilihan (Dapil) Jabar 8 (Kota Depok-Kota Bekasi ) ini menjelaskan, kunci melawan Covid-19 memang bersumber dari masyarakat, yakni mereka yang disiplin  mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dengan menerapkan 5M tadi.

“Perlu upaya seluruh pihak dalam mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19 menjadi sangat penting dalam upaya pemerintah untuk menjaga kesimbangan antara penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi. Sehingga, harus berjalan beriringan, masyarakat yang patuh Prokes dan pemerintah yang bekerja ekstra melakukan penanggulangan,” papar Harris.

Dewan yang murah senyum ini melanjutkan, kendati saat ini pemerintah tengah menjalankan program vaksinasi. Namun, dia menegaskan, vaksin memang bermanfaat sebagai perlindungan spesifik, tapi perlu diingatkan bahwa vaksin bukan satu-satunya cara pencegahan. Sedangkan, langkah nyata dalam pencegahan Virus Korona adalah masyarakat yang disiplin mematuhi 5M.

Sebab, menurut Harris, masih adanya penularan Covid-19 lantaran masih ada warga yang abai terhadap 5M.

“Jadi, mereka mudah tertular atau malah menularkan. Ini yang harus dihentikan,” tegasnya.

Ia pun berharap, pandemi dapat segera berakhir. Sehingga, seluruh sektor dapat kembali normal, pembangunan berjalan dan pemulihan ekonomi dapat dilakukan untuk kesejahteraan rakyat.

“Tentu kita senantiasa berikhtiar dan berdoa agar pandemi ini dapat segera berakhir,” pungkas Harris. (cky)

 

Editor/Jurnalis : Ricky Juliansyah