Sabtu, Maret 6, 2021
Beranda Metropolis Hore! Dua Ponpes di Depok Dapat Bantuan Sanitasi dari Kemenkes

Hore! Dua Ponpes di Depok Dapat Bantuan Sanitasi dari Kemenkes

0
Hore! Dua Ponpes di Depok Dapat Bantuan Sanitasi dari Kemenkes
PENJABARAN: Sosialisasi Program Peningkatan Kualitas Sanitasi Lingkungan di Pondok Pesantren melalui daring, Rabu (17/02). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dua pondo pesantren (ponpes) di Kota Depok akan mendapatkan bantuan pembuatan sarana sanitasi agar lebih memadai dalam program Peningkatan Sanitasi Lingkungan di Pondok Pesantren oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Depok, May Hariyati mengatakan, dua ponpes yang mendapatkan bantuan, yakni Ponpes Cendekia Amanah di Kelurahan Kalimulya dan Ponpes Darussalamdi Kelurahan Cilangkap.

“Masyarakat ponpes itu berhak tinggal di lingkungan yang sehat, sehingga tercapai hidup sehat dalam rangka terwujudnya proses kegiatan belajar mengajar yang efektif,” katanya kepada Radar Depok dalam acara Sosialisasi Program Peningkatan Kualitas Sanitasi Lingkungan di Pondok Pesantren melalui daring, Rabu (17/02).

Dalam sosialisasi tersebut, ia menambahkan sanitasi total berbasis masyarakat sangat terbukti sebagai pendekatan dalam mengubah dan mempertahankan kebiasaan atau budaya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Sehingga, dampaknya dapat menurunkan angka penyakit dan kematian yang diakibatkan oleh sanitasi yang kurang baik. Bantuan tersebut sebesar Rp 100 Juta Rupiah untuk satu pesantrennya.

“Pondok Pesantren dapat menjadi agen perubahan untuk menerapkan PHBS di lingkungan sekitarnya. Tentunya juga perlu dukungan, partisipasi dan peran aktif dari ponpes yang bersangkutan,” bebernya

Di tempat yang sama, Kasi Kesehatan Lingkungan, Kerja, dan Olah Raga di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Titin Hardiana menambahkan, terdapat beberapa item yang akan dibuat untuk memenuhi kebutuhan sanitasi lingkungan yang layak. Mengingat kondisi saat ini sedang masa pandemi virus Korona (Covid-19) dan perlu dilakukan kegiatan disinfeksi rutin.

“Di antaranya, tempat pembuangan sampah (TPS), sarana cuci tangan pakai sabun, rehabilitasi dapur, dan peralatan untuk disinfeksi,” tutupnya. (rd/daf) 

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya