Beranda Satelit Depok Ingin Tingkatkan IPM, Kecamatan Cipayung Fokus Non Fisik

Ingin Tingkatkan IPM, Kecamatan Cipayung Fokus Non Fisik

0
Ingin Tingkatkan IPM, Kecamatan Cipayung Fokus Non Fisik
FOKUS : Musrenbang Kecamatan Cipayung yang dihadiri oleh Walikota Depok, Camat Cipayung, dan Stakeholder lainnya. FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK
non fisik musrenbang cipayung
FOKUS : Musrenbang Kecamatan Cipayung yang dihadiri oleh Walikota Depok, Camat Cipayung, dan Stakeholder lainnya. FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG – Kecamatan Cipayung pada Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Cipayung Tahun 2021 realisasi 2022 mengendepankan Kegiatan non fisik dibangkan fisik. Hal tersebut guna meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Plt Camat Cipayung, Asloe’ah Madjri menjelaskan, kegiatan Musrenbang Kecamatan Cipayung merupakan tindak lanjut dari Musrenbang tingkat kelurahan yang telah digelar beberapa waktu lalu. Dari kelurahan, kemudian masuk di format A3 sebagai prioritas. Dari A3 tadi, ada yang diluar prioritas untuk masuk ke prioritas namanya A4, lalu didorong ke kecamatan menjadi B3.

“Jadi, menyepakati kegiatan prioritas perencanaan tahun 2022 dari prioritas kelurahan. Nanti dipilih lagi karena dana kecamatan terbatas. Jika tidak terealisasi di kecamatan, maka diajukan kepada perangkat daerah, ” jelasnya kepada Radar Depok.

Ia menambahkan untuk pagu dana anggaran 2022 Kecamatan belum tahu berapa jumlahnya. Yang jelas, dalam acara yang bertemakan ‘Dengan musrenbang kita tingkatkan daya saing pembangunan sektor ekonomi, pembangunan sektor pendidiikan dan sektor kesehatan masyarakat’ tersebut didominasi kegiatan nonfisik sebesar 75 persen dan fisik 25 persen.

“Saya rasa perbandingannya cukup jauh. Hal ini untuk mendorong IPM Kecamatan Cipayung yang dinilai rendah. Tetapi untuk tahun lalu ada peningkatan hampir menyentuh angka 80 persen,” bebernya.

Lulu, begitu sapaannya, berharap, semua kegiatan yang diusulkan oleh warga serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), bisa berjalan dengan baik dan tepat sasaran. Dengan begitu, pembangunannya nanti bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Walikota Depok juga berpesan agar seluruh masukan bisa dicatat dan diupayakan terealisasi,” katanya

Sementara itu, Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, meski sedang dilanda pandemi virus Korona (Covid-19) ternyata tidak berpengaruh besar dalam pertumbuhan pembangunan di Kecamatan Cipayung. Pada tahun 2020 capaian IPM Kecamatan Cipayung mencapai di angka 75,65 persen. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya