cek jadwal vaksin korona
ILUSTRASI

RADARDEPOK.COM – Program vaksinasi virus Korona (Covid-19) telah dimulai. Kementerian Kesehatan (Kemkes) akan mengirimkan Short Message Service (SMS) secara serentak kepada seluruh penerima vaksin Covid-19 yang telah terdaftar.

Aturan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI (KMK) Nomor HK.01.07/MENKES/12757/2020 tentang Penetapan Sasaran Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin pada tanggal 28 Desember 2020 lalu.

Pada 17 Februari 2021, program vaksinasi Covid-19 tahap kedua sudah dimulai. Sasaran tahap kedua ini yaitu kepada 16,9 juta petugas pelayanan publik. Petugas pelayanan publik yang dimaksud adalah tenaga pendidik, guru, dan pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil (ASN).

Vaksinasi ini akan di prioritas di tujuh provinsi pulau Jawa dan Bali, hal ini dilakukan guna memaksimalkan target pelandaian kasus Covid-19 yang hampir 70 persen di antaranya dari Jawa-Bali.

Berikut cara cek jadwal vaksin Covid-19 gratis dari pemerintah.

  1. Buka situs pedulilindungi.id/cek-nik
  2. Masukkan data berupa nama lengkap, nomor NIK yang tertera pada KTP
  3. Masukkan kode keamanan yang tertera pada layar
  4. Klik selanjutnya
  5. Layar akan menunjukkan hasil apakah NIK terdaftar sebagai penerima vaksin atau tidak

Untuk cek jadwal vaksin Covid-19 lainnya, bisa melalui Whatsapp Kemenkes. Sebelum melakukan vaksinasi, masyarakat bisa mempersiapkan KTP sebelum melakukan registrasi.

  1. Klik bit.ly/vaksincovidRI lalu mulai chat
  2. Kamu akan menerima respons otomatis yang menanyakan konfirmasi terkait apakah seorang tenaga kesehatan, dengan berbagai pilihan menu. Gunakan 6 digit terakhir NIK untuk mendaftar dan akan menerima konfirmasi lokasi vaksinasi.
  3. Chatbot akan membagikan jadwal vaksinasi untuk konfirmasi
  4. Tiket QR code akan dibagikan bersama dengan video cara kerja vaksinasi

 

Editor : Pebri Mulya