amblas di baktijaya
MUSIBAH : Jalan umum di Jalan Damar Laut 8, RT2/14 Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya ambles ke Kali Sugutamu. FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, BAKTIJAYA – Guyuran hujan secara terus menerus sejak semalam dengan intensitas tinggi menyebabkan Jalan umum di Jalan Damar Laut 8, RT02/14 Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya ambles ke Kali Sugutamu, Jumat (19/02) pukul 05:00 WIB.

Ketua RW24, Alibasar mengatakan, lahan tersebut merupakan tanah jalan. Akibat guyuran hujan menyebabkan tanah tersebut runtuh. Dari kejadian kali ini, satu rumah terdampak serta tidak ada korban jiwa.

“Kejadiannya jam 5 pagi, saya dapat laporan dari warga dan langsung kroscek lokasi. Kanopi dari salah satu rumah rusak,” katanya kepada Radar Depok, Jumat (19/02).

Sementara itu, Lurah Baktijaya, Raden Iwan Herukusuma menjelaskan, dirinya yang mendapatkan laporan dari pengurus RW setempat, langsung menghubungi pihak Kecamatan Sukmajaya dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) untuk mengantisipasi kejadian semakin buruk.

“Tindakan dari kelurahan yakni mengecek lokasi kemudian melaporkan ke pimpinan dan dinas terkait. Alhamdulillah SDA langsung datang dua jam kemudian. Semoga langsung dieksekusi khawatir semakin parah kondisi longsoran ini,” terangnya.

Di tempat yang sama, Kasi Operasi dan Pemeliharaan Bidang Sumber Daya Air (SDA), DPUPR Kota Depok, Bahtiar Ardiansyah menuturkan pihaknya akan memasang cerucuk dan terpal untuk mengantisipasi longsor susulan. Mengingat curah hujan yang tidak bisa diprediksi.

Kemudian, tim konsultan perencanaan akan dihadirkan disini, agar langsung disusun langkah penanganan selanjutnya serta diusulkan ke Walikota.

“Kami usahakan hari ini pemasangan bambu dan terpal dulu karena aliran tidak terlalu mengganggu. Kedua kemungkinan kita akan terjunkan tim konsultan perencanaan,” tutupnya. 

Untuk diketahui, Polsek Sukmajaya telah memasang Police Line sejak pukul 08:00 WIB agar mencegah mobilitas warga keluar masuk. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya