tol cipali amblas
Kondisi Tol Cipali Km 122 yang amblas.

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Lalu lintas di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122 arah Jakarta tersendat karena ada jalanan yang amblas.

Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Zaldy Masita mengatakan, dampak dari amblasnya Tol Cipali ini akan sangat parah. Apalagi, Jalan Pantura saat ini juga tertutup oleh banjir.

“Dampaknya sangat parah, karena akses Pantura juga tertutup banjir, dan satu-satunnya jalan yang menghubungkan Jawa Barat ke Jateng adalah Tol Cipali dan ternyata 1 jalur Tol Cipali ambles,” katanya, Selasa (9/2).

Dia menuturkan, hal itu akan mengganggu semua distribusi barang di Jawa. Dia bilang, 90% lebih akses logistik menggunakan darat yaitu truk.

“Macet parah terjadi di Tol Cipali┬ádan ini mengganggu semua distribusi barang di Jawa di mana 90% lebih lewat darat yaitu truk,” ujarnya.

Menurutnya, jika hal itu tidak segera terselesaikan, maka arus barang di Jawa bisa lumpuh. Hal itu ditambah lagi dengan akses kereta juga terputus di Semarang.

Dia mengatakan, pemerintah mesti segera mengatasi masalah tersebut, misalnya dengan mengaktifkan jalur laut untuk mengganti jalur darat yang terputus.

“Bila hal ini tidak segera diselesaikan oleh pemerintah maka arus barang di Jawa bisa lumpuh, karena jalur kereta api juga terputus di Semarang karena stasiun dan rel kereta kena banjir,” katanya.

“Pemerintah perlu segera mengaktifkan jalur laut untuk angkutan barang sebagai pengganti jalur darat (Tol Cipali) yang terputus,” terangnya. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya