Beranda Satelit Depok Kegiatan Katar Unit RW10 Curug : Budidaya Jangkrik, Sisihkan Rezeki untuk Sedekah

Kegiatan Katar Unit RW10 Curug : Budidaya Jangkrik, Sisihkan Rezeki untuk Sedekah

0
Kegiatan Katar Unit RW10 Curug : Budidaya Jangkrik, Sisihkan Rezeki untuk Sedekah
RAWAT JANGKRIK : Ketua Katar Unit RW10 Curug, Rio Priono sedang merawat jangkrik. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

Pemuda di Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, dikenal memiliki keuletan dan ketekunan di bidang budidaya, baik tanaman hias, ikan hias, maupun budidaya jangkrik yang dikelola pemuda Karang Taruna (Katar) Unit RW10, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM, Pagi itu Ketua Katar RW10 Kelurahan Curug, Rio Priono sudah standby di tempat budidaya jangkrik milik Katar Unit RW10 Curug, di Kampung Pasiron, RT11/10.

Hal yang pertama dilakukan Rio di tempat budidaya ialah mengecek keadaan jangkrik peliharaanya. Dia membuka satu persatu kotak sarak jangkrik. Ketika di buka, jangkrik berukuran besar tampak berlompatan ke sana ke mari keluar dari tumpukan daun pisang yang sudah mengering.

Ini sudah siap panen, tinggal nunggu diambil sama yang sudah pesan saja,” kata Rio sembari membuka satu persatu kotak sarang jangkri itu.

Kegiatan budidaya ini, dilakoni Katar Unit RW10 sejak Februari 2019. Kegiatan ini dilakukan untuk menambah pendapatan pemuda disana. Budidaya sejak masih telur hingga pembesaran aja. Soalnya kalau breeding, belum bisa,”tuturnya.

Biasanya, mereka akan memesan telur jangkrik kepada pembudidaya yang lebih besar. Setelah dibeli, telur itu akan ditetaskan untuk dilakukan pembesaran jangkrik hingga siap untuk dijual. Kami beli telurnya per Kg Rp300 ribu. Beli sebanyak 20 kg telur,” ucapnya.

Dari 20 kg telur jangkrik itu, mereka bisa menetaskan hingga membesarkan jangkrik seberat 20 kwintal. “Kami jual jangkrik yang sudah jadi Rp40 ribu/Kg. Kalau keuntungan bersih setiap bulannya paling sedikit Rp8 juta,” bebernya.

Keuntungan itu akan dibagi rata kepada anggota Katar yang terlibat dalam proses budidaya. Selain itu, jika ada sisahnya mereka akan menyumbangkan sebagian untuk kas Katar. Kami juga menyisihkan sebagian rejeki kami untuk bersedekah,” pungkasnya. (*)

Editor : Junior Williandro