elon musk kekayaan
Elon Musk.

RADARDEPOK.COM – Lantaran kejatuhan sahan Tesla karena dampak anjlok harga Bitcoin, kini Bos Tesla, Elon Musk bukan lagi orang terkaya di dunia. Posisi bergengsi ini kembali ke pangkuan Bos e-commerce Amazon, Jeff Bezos.

Mengutip Bloomberg Billionaires Index, pada Selasa (23/02) penutupan perdagangan saham, Harta kekayaan Jeff Bezos mencapai US$187 miliar, Elon Musk US$180 miliar dan Bill Gates US$135 miliar.

Namun, mengutip dari BBC pada Rabu (24/02), harga saham Tesla anjlok 8% membuat kekayaan Elon Musk menguap US$15 miliar atau setara Rp 210 triliun (asumsi Rp 14.000/US$), mengutip BBC, Rabu (24/2/2021).

Harga Bitcoin memang sempat koreksi dalam pada dua hari terakhir. Kini harga Bitcoin berada di level US$50.000 per koin setelah sempat cetak rekor tertinggi US$58.000-an.

Kejatuhan ini kemungkinan karena komentar menteri keuangan, AS Janet Yellen yang mengeluarkan isyarat akan perlunya pengaturan Bitcoin dan sejenisnya dengan lebih ketat dan menyebut Bitcoin tidak efisien dalam melakukan transaksi dan merupakan aset yang sangat spekulatif.

Pada awal bulan ini Tesla mengumumkan investasi US$1,5 miliar di Bitcoin. Alasannya untuk mendapatkan return yang maksimal dari uang tunai perusahaan. Investasi Tesla di Bitcoin ini setara dengan 7-8% kas dan setara kas perusahaan.

Analis Wedbush Securites Daniel Ives mengungkapkan kejatuhan harga saham Tesla karena investor melepas saham produsen mobil listrik ini dampak dari anjloknya harga Bitcoin beberapa hari terakhir.

“Elon Musk dan Tesla secara agresif merangkul Bitcoin… investor mulai mengkaitkan Bitcoin dan Tesla,” ungkap Daniel Ives. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya